Epic Games Tak Lagi Diblokir Kominfo, Developer Masih Skeptis

ADVERTISEMENT

Epic Games Tak Lagi Diblokir Kominfo, Developer Masih Skeptis

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 10 Agu 2022 18:15 WIB
Epic Games
Epic Games Tak Lagi Diblokir Kominfo, Developer Masih Skeptis (Foto: istimewa)
Jakarta -

Kabar gembira untuk para gamer dan developer game di Tanah Air, karena Epic Games sudah daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Alhasil, raksasa video game ini tak lagi diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Berdasarkan hasil pantauan detikINET, Rabu (10/8/2022), platform penyedia game PC ini, sudah bisa diakses kembali sejak diblokir pada tanggal 30 Juli lalu. Mereka mendaftarkan diri dengan nama sistem Epic Games Store melalui perusahaan Epic Games International S.A.R.L Bertrange, Root Branch pada hari Selasa, 9 Agustus 2022.

Kabar ini pun menjadi sebuah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh gamer di Indonesia, yang sudah gatal ingin bermain Fortnite. Selain itu, menjadi informasi yang melegakan para developer game lokal, sehingga mereka tidak perlu menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk memakai Unreal Engine.

Salah satunya seperti yang sempat dialami oleh Gamecom Team, ketika harus menggarap game baru mereka berjudul Troublemaker. Kendati begitu, per hari ini, mereka sudah bisa memperoleh akses secara bebas dan merasakan kembali kecanggihan dari game engine besutan Epic Games.

"Jadi kalau menurut tim sih ya bersyukur sudah dibuka. Tetapi masih tetap ada rasa hati-hati. Terutama dengan adanya program whitelist. Bisa jadi akan terjadi lagi, karena pengalaman sebelumnya kan. Asal nutup/blokir tanpa edukasi atau pemberitahuan ke masyarakat. Jadi kita sebagai developer game masih skeptis," kata Josevina Gaby, Community Manager Gamecom kepada detikINET.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Epic Games menjadi salah satu 100 PSE dengan trafik tertinggi di Indonesia, di mana terkena dampak pemblokiran karena belum daftar PSE Lingkup Privat. Bahkan, hingga batas waktu dari Kominfo berakhir, mereka juga belum bereaksi.

Namun setelah sepuluh hari berlalu, akhirnya mereka mengikuti jejak Steam dan Origin yang sebelumnya sudah lebih dulu mendaftar. Keduanya diketahui menyerahkan dokumen yang diminta Kominfo secara berurutan, di mana Epic Games menjadi PSE kategori game yang terakhir mendaftar.

Sebagai tambahan informasi, Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.



Simak Video "Update Kominfo soal Pemblokiran dan Pendaftaran PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT