Developer Minecraft Tolak NFT Dalam Game, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Developer Minecraft Tolak NFT Dalam Game, Ini Alasannya

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 24 Jul 2022 07:55 WIB
Cara Download Minecraft di Mobile, PC dan Konsol
Developer Minecraft Tolak NFT Dalam Game, Ini Alasannya! (Foto: minecraft.net)
Jakarta -

Mojang Studios, pengembang game sandbox, Minecraft, memberikan tanggapannya mengenai NFT. Mereka menyampaikan bahwa tidak mengizinkan hal seperti itu berada di dalam game mereka.

"Untuk memastikan bahwa pemain Minecraft memiliki pengalaman yang aman dan inklusif, teknologi blockchain tidak diizinkan berada di dalam client dan server kami. Termasuk skin, item atau mod tidak boleh digunakan," ujar Minecraft, dilansir detikINET dari The Verge, Minggu (24/7/2022).

Menurut Pedoman Penggunaan Minecraft, Mojang menjelaskan bagaimana pemilik server dapat mengenakan biaya untuk pemain lain yang menikmatinya. Kemudian, seluruh pemain memiliki akses ke fungsi yang sama.

"Kami memiliki aturan ini untuk memastikan bahwa Minecraft tetap menjadi komunitas tempat setiap orang memiliki akses ke konten yang sama. Namun, NFT dapat membuat model kelangkaan dan pengecualian yang bertentangan dengan pedoman kami dan semangat Minecraft," jelas Mojang.

Mereka juga mengkhawatirkan, bahwa pihak ketiga mungkin tidak dapat diandalkan dan dapat merugikan pemain yang membelinya. Menurut Mojang, beberapa penerapan NFT juga bergantung pada teknologi blockchain dan mungkin memerlukan manajer aset, di mana bisa saja menghilang tanpa kabar.

"Ada juga contoh di mana NFT dijual dengan harga yang dinaikkan secara artifisial atau curang. Kami menyadari bahwa kreasi di dalam game kami memiliki nilai intrinsik, dan kami berusaha untuk menyediakan pasar di mana nilai-nilai tersebut dapat dikenali," tambahnya.

Sebenarnya, Mojang sendiri turut serta memperhatikan perkembangan teknologi blockchain dari waktu ke waktu. Tujuan mereka melakukan hal itu, untuk memastikan apakah kontribusi teknologi tersebut memungkinkan pengalaman yang lebih aman, praktis, inklusif di dalam permainan.

"Namun, kami tidak memiliki rencana untuk menerapkan teknologi blockchain ke Minecraft saat ini," tutupnya.

Tidak hanya Minecraft yang menolak praktek NFT di dalam game, mengingat Valve juga memiliki pendapat senada. Mereka juga mengambil sikap keras terhadap game blockchain dan NFT di Steam.



Simak Video "Sssstt.. Ini Rahasia NFT Jadi Cuan"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT