Kisah Perjuangan Gatotkaca Jadi Hero di Mobile Legends

ADVERTISEMENT

Kisah Perjuangan Gatotkaca Jadi Hero di Mobile Legends

Panji Saputro - detikInet
Senin, 04 Jul 2022 12:51 WIB
Kisah Komikus Indonesia yang Bikin Hero Gatotkaca di Mobile Legends
Kisah Komikus Indonesia yang Bikin Hero Gatotkaca di Mobile Legends (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

Apakah detikers termasuk penikmat game Mobile Legends? Jika iya, pasti tahu dong salah satu hero lokal bernama Gatotkaca. Karakter ini ternyata dirancang oleh komikus kondang asal Indonesia lho. Berikut kisahnya.

Namun sebelum itu, sekedar informasi, Moonton sendiri menyajikan beragam hero di dalam game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) besutannya ini. Setidaknya, sudah ada 116 jagoan, bisa digunakan oleh para penggemar Mobile Legends.

Mereka memang sengaja membuat beberapa hero, berdasarkan tokoh-tokoh lokal di berbagai negara. Di Indonesia, karakter bernama Gatotkaca yang mendapatkan kesempatan baik tersebut.

Nah ternyata, hero dengan role tank itu, dibuat oleh komikus kebanggaan Tanah Air, bernama Is Yuniarto. Yuk simak kisah Is Yuniarto dalam obrolan dengan detikINET, seusai pertunjukan Wayang Kulit Jagad Sandya Legenda, Sabtu (2/7/2022).

Proses Terpilihnya Gatotkaca Sebagai Hero Mobile Legends

Is mengatakan, bahwa terpilihnya hero Gatotkaca di Mobile Legends, melalui sebuah proses dan beberapa tahapan. Sebelum akhirnya, karakter buatannya di Garudayana ini, yang dipilih oleh Moonton.

"Ketika mereka masuk ke Indonesia, mereka membutuhkan hero lokal. Sebelumnya mereka sudah memiliki hero dari Malaysia dan negara lain. Tapi untuk Indonesia, mereka belum punya. Jadi mereka melakukan survey di media sosial, hero karakter mana yang mau diangkat ke dalam game," ujar Is.

Dirinya mengungkapkan, dari survey tersebut, hasilnya ialah karakter Gatotkaca. Namun ada tahap kedua, untuk menentukan versi mana dari karakter ini, yang nantinya akan digunakan oleh Moonton.

"Kemudian tahap kedua, Gatotkaca yang mana, karena misalkan kita Google ya, munculnya banyak banget, seperti wayang kulit atau wayang golek. Nah, di survey tahap kedua, yang muncul di peringkat pertama adalah Gatotkaca versi Garudayana yang saya ciptakan," kata Is.

Selanjutnya, Karakter Lokal yang Diinginkan Is menjadi Hero Berikutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT