Pameran Game E3 Digeser ke 2023, Digelar Online dan Offline

Pameran Game E3 Digeser ke 2023, Digelar Online dan Offline

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 08 Jun 2022 14:49 WIB
E3 Akan Hadir pada Tahun 2023 Secara Online dan Offline
Pameran Game E3 Akan Hadir Pada 2023 Secara Online dan Offline (Foto: Christopher Duff Photographic - Facebook E3 Expo)
Jakarta -

Salah satu pameran game terbesar di dunia, yakni Electronic Entertainment Expo (E3), batal digelar tahun ini. Acara tersebut dikonfirmasi bergeser ke 2023, dan dilaksanakan secara online dan offline.

"Saya pikir, ada ruang untuk pertunjukan fisik, saya juga berpikir ada pentingnya memiliki jangkauan digital. Menggabungkan keduanya, menurut saya ada elemen penting dari apa yang menurut kami dapat diberikan oleh E3," ujar Stanley Pierre-Louis, Presiden dan CEO ESA, dilansir detikINET dari Washington Post, Rabu (8/6/2022).

Menurut Louis, seberapa pun banyak orang yang menyukai sebuah acara digital, tetap acara fisik sangat dibutuhkan. Menurutnya, besarnya keinginan mereka untuk berkumpul, saling terhubung secara langsung, melihat satu sama lain dan berbicara tentang apa yang membuat suatu game itu hebat.

Padahal, awalnya pihak penyelenggara merencanakan pameran ini akan disuguhkan secara tatap muka, setelah tidak terealisasikan pada tahun 2020 dan diganti online pada 2021. Hal tersebut terjadi, tak lain karena COVID-19 yang masih menghantui orang-orang di seluruh dunia.

Lalu E3 sendiri, sebelumnya sempat menyampaikan bahwa pembatalan acara fisik pada tahun 2022, akan diganti menjadi online. Namun sayangnya, setelah dikonfirmasi kembali, acara digital pun juga tidak hadir dan resmi keduanya berganti jadwal ke 2023.

Pembatalan tersebut memberikan panggung utama kepada festival video game lainnya, yang akan digelar selama tahun 2022. Di antaranya ada Summer Game Fest, lalu pameran khusus dari Nintendo bertajuk Nintendo Direct dan State of Plays milik PlayStation.

Untuk Summer Game Fest diselenggarakan mulai dari tanggal 9 - 13 Juni 2022. Acaranya sendiri ditayangkan secara langsung, melalui akun resmi Youtube dan Twitch mereka.

Selain itu, juga bisa dinikmati di media sosial atau platform streaming masing-masing publisher. Di mana setidaknya sudah ada 30 partner yang terdaftar dan ikut meramaikan acara ini.

Beberapa di antaranya seperti Xbox, Bethesda, PlayStation, 2K, Activision, Atlus, Bandai Namco, Capcom, Electronic Arts dan masih banyak lagi. Hanya saja, bila waktu penayangannya dikonversikan ke Indonesia, makan para penggemar bisa menyaksikannya pada tanggal 10 Juni 2022, sekitar pukul 01.00 WIB.



Simak Video "Kominfo Minta Google-Twitter Daftar PSE, Kalau Tidak Bakal Diblokir"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)