Berkat Apple Silicon, Mac dan iPad Bakal Bisa Mainkan Game AAA

Berkat Apple Silicon, Mac dan iPad Bakal Bisa Mainkan Game AAA

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 07 Jun 2022 19:11 WIB
Apple Passkeys macOS Ventura
Berkat Apple Silicon, Mac dan iPad Bakal Bisa Mainkan Game AAA Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Apple mengumumkan macOS Ventura dan chip Apple Silicon M2 di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 semalam. Sebagai bagian dari pengumuman macOS Ventura, Apple juga mengungkap update terbaru untuk gaming di Mac dan iPad.

Berkat chip Apple Silicon, perangkat Mac kini bisa memainkan game AAA seperti Resident Evil Village, No Man's Sky, dan GRID Legends. Biasanya game AAA seperti ini hanya bisa dimainkan di konsol atau PC gaming.

Karena Apple Silicon juga tersedia di iPad, developer game juga bisa membawa game AAA ke iPad dan Mac. Ini tentu kabar gembira bagi pengguna Mac dan iPad karena tidak perlu khawatir ketinggalan game favoritnya karena tidak memiliki perangkat berorientasi gaming.

Menurut Advanced Technical Research Division Manager Capcom Masaru Ijuin, MacBook Air dengan Apple Silicon bisa memainkan Resident Evil Village di resolusi 1080p, dan Mac Studio bisa memainkannya dengan kualitas 4K, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (7/6/2022).

Selain itu, Apple juga membawa dukungan buddy controller. Jadi dua pemain bisa menggunakan kontroler wireless bersama-sama saat memainkan game di iPhone, iPad, dan Mac.

Apple juga mengenalkan sederet fitur khusus gaming untuk Mac dan iPad. Salah satunya Apple membawa Metal 3, versi terbaru dari software yang mendukung pengalaman gaming di seluruh platform Apple.

Metal 3 akan mendukung MetalFX Upscaling, yang artinya developer game bisa membuat grafik yang kaya dan lebih realistis dengan lebih cepat. MetalFX bisa me-render frame yang lebih kecil dan tidak boros daya komputasi.

Selain itu, Metal 3 juga dilengkapi dengan Fast Resource Loading API yang bisa mengurangi waktu loading game dengan menyediakan jalur cepat dari storage ke GPU.

Terakhir, update Apple untuk gaming mencakup opsi untuk menggunakan Game Center untuk membagikan game ke teman dengan SharePlay. Update ini akan hadir untuk macOS Ventura, iPadOS 16, dan iOS 16 dalam beberapa waktu ke depan.



Simak Video "Rencana Apple Ganti Password dengan Fitur Passkey"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)