Honor of Kings Jadi Game Mobile Paling Laku di Dunia

Honor of Kings Jadi Game Mobile Paling Laku di Dunia

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 01 Jun 2022 19:50 WIB
Teen watching media in a smart phone in the night sitting on a couch in the living room at home
Honor of Kings Sukses Jadi Game Mobile Paling Laku di Dunia April 2022 (Foto: iStock)
Jakarta -

Sensor Tower, baru-baru ini mengungkapkan deretan game mobile dengan penghasilan terbanyak di dunia periode April 2022. Permainan bertema Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) besutan Tencent, Honor of Kings menjadi juaranya.

Game yang memiliki judul lain, yakni Arena of Valor di Indonesia, berhasil mengumpulkan pendapatan hingga USD 274,5 juta atau sekitar Rp 3,9 triliun di mana jumlah tersebut, mewakili 6,2% pertumbuhannya di industri ini selama bulan keempat 2022.

Torehan itu tak lepas dari peran penting gamer di China, yang menjadi penyokong terbesar mencapai mencapai 96,4%. Lalu diikuti oleh masyarakat Thailand dan Taiwan, masing-masing sebesar 1,4%, dilansir detikINET dari Sensor Tower, Rabu (1/6/2022).

Selanjutnya di peringkat kedua, ada battle royale dari Tencent, yakni PUBG Mobile. Pendapatan kotor yang diperolehnya, sekitar USD 218 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun.

Sumber pendapatannya berasal dari 61,7% pemain China, dengan menggunakan judul lain bernama Game For Peace. Kemudian tempat kedua ada 8,8% gamer Amerika Serikat.

Daftar Game Mobile Terlaris April 2022

  • Honor of Kings
  • PUBG Mobile
  • Genshin Impact
  • Candy Crush Saga
  • Roblox
  • Coin Master
  • Three Kingdoms Tactics
  • Fantasy Westward Journey
  • Lineage W
  • Monster Strike

Bila ditotal, pasar game mobile menghasilkan USD 7 miliar atau sekitar Rp 101 triliun selama bulan April 2022. Itu semua berasal dari pengeluaran pemain di App Store dan Google Play Store.

Hanya saja, angkanya mengalami penurunan 4,6% dari tahun sebelumnya. Sedangkan pasar mobile nomor satu sendiri, secara global diisi oleh Amerika Serikat periode April 2022, mengumpulkan pendapatan USD 1,9 miliar atau sekitar Rp 27,6 triliun.

Kendati menjadi game mobile paling laku, ternyata Honor of Kings belum bisa menyaingi kepopuleran Subway Surfers dari Sybo Games. Karena selama bulan April 2022, permainan kasual ini berhasil mengumpulkan 26,6 juta gamer.

Dibayang-bayangi kemudian oleh Free Fire besutan Garena di tempat kedua dengan total 25,5 juta download, dalam kurun waktu yang sama.



Simak Video "Cindy Monika Ceritakan Tantangan Koas di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)