Hasil Esport Indonesia di Sea Games 2021: 2 Emas 3 Perak 1 Perunggu

Hasil Esport Indonesia di Sea Games 2021: 2 Emas 3 Perak 1 Perunggu

Panji Saputro - detikInet
Senin, 23 Mei 2022 14:45 WIB
Garena Indonesia Berikan Rp 1 Miliar Untuk Timnas Free Fire
Hasil Esport Indonesia di Sea Games 2021: 2 Emas 3 Perak 1 Perunggu (Foto: garena indonesia)
Jakarta -

SEA Games 2021, kompetisi olahraga bergengsi se-Asia Tenggara yang digelar di Hanoi, Vietnam resmi berakhir. Indonesia pun berhasil mendapatkan enam medali dari cabor esports.

Detailnya yakni dua emas melalui nomor pertandingan Free Fire dan PUBG Mobile kategori team. Lalu tiga perak dari Free Fire, PUBG Mobile Solo dan Mobile Legends: Bang Bang serta satu perunggu dipersembahkan Timnas Cross Fire Indonesia.

Seluruh pertandingan sudah digelar sejak tanggal 13 - 22 Mei lalu, di mana hanya nomor pertandingan FIFA Online 4 saja yang belum bisa meraih medali.

Hasil Esports Indonesia di SEA Games 2021

1. Free Fire (Emas dan Perak)

Garena Indonesia Berikan Rp 1 Miliar Untuk Timnas Free FireGarena Indonesia Berikan Rp 1 Miliar Untuk Timnas Free Fire Foto: (garena indonesia)

Perolehan medali emas dibuka oleh nomor pertandingan Free Fire. Di mana sejak bergulirnya pertandingan, tim Indonesia sudah mampu menguasai jalannya pertandingan.

Mengandalkan 10 pemain terbaik Free Fire di Tanah Air, Indonesia sendiri mengirimkan dua tim, yakni Indonesia 1 (Garuda) dan Indonesia 2 (Merah) Putih. Di mana mereka tidak hanya membawa emas, tetapi juga termasuk medali perak, setelah mengisi peringkat pertama dan kedua klasemen akhir di SEA Games 2021.

2. PUBG Mobile Team (Emas)

Dahsyat! Timnas PUBG Mobile Indonesia Sabet Emas SEA Games 2021Dahsyat! Timnas PUBG Mobile Indonesia Sabet Emas SEA Games 2021 Foto: (PBESI)

Pertarungan ciamik ditampilkan oleh Luxxy dan kawan-kawan. Laga terakhir menjadi sangat dramatis, ketika diketahui poin antara Indonesia dengan tuan rumah sangat tipis.

Sempat terkapar pemain Indonesia oleh Vietnam, Luxxy sebagai pahlawan terakhir yang tersisa dapat memberikan perlawanan sangat baik. Dikepung oleh dua pemain lawan, dirinya sukses melumat keduanya.

Lalu dia sukses mengamankan placement di tempat kelima di game terakhir. Hal itu sudah lebih dari cukup bagi Indonesia, untuk membawa pulang medali emas.

3. PUBG Mobile Solo (Perak)

Super Comeback! Indonesia Raih Perak PUBG Mobile Solo SEA Games 2021Super Comeback! Indonesia Raih Perak PUBG Mobile Solo SEA Games 2021 Foto: (PBESI)

Ini menjadi laga paling menegangkan di cabang olahraga esports. Dikarenakan, perjuangan para putra-putra bangsa yang amat sulit.

Jatuh bangun telah mereka rasakan kala mengumpulkan pundi-pundi poin. Ditambah peringkat yang tidak menguntungkan sejak bergulirnya laga.

Kendati begitu, berkat upaya keras yang dilakukan para atlet melalui Alan Raynold Kumaseh alias INA1Alan, Indonesia mampu menorehkan namanya di peringkat kedua klasemen akhir dan medali perak pun berhasil disabet.

4. Mobile Legends: Bang Bang (Perak)

Hasil Esport Indonesia di Sea Games 2021: 2 Emas 3 Perak 1 PerungguHasil Esport Indonesia di Sea Games 2021: 2 Emas 3 Perak 1 Perunggu Foto: (PBESI)

Timnas Mobile Legends Indonesia sendiri memang sudah terbilang sangat kuat. Membawa pemain terbaiknya, garuda muda mampu mengamankan slot di babak Grand Final.

Semua lawan dihajarnya dengan skor telak. Hanya saja di puncak acara, mereka harus berhadapan dengan lawan terberat, yakni Filipina.

Terkenal dengan keunikan saat draft hero dan mekanik permainan berkualitas tinggi, Filipina sukses memberikan tekanan kepada para atlet. Skor akhir pun menjadi 3 - 1, dan Indonesia berhak atas medali perak.

5. Cross Fire (Perunggu)

Timnas Cross Fire Suguhkan Perunggu Untuk Indonesia di SEA Games 2021Timnas Cross Fire Suguhkan Perunggu Untuk Indonesia di SEA Games 2021 Foto: (PBESI)

Terakhir ada timnas Cross Fire, yang menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia. Perjuangan mereka pun tidak mudah karena sempat dikalahkan Filipina di upper bracket dan turun ke lower bracket.

Kemudian bertemu Laos, di mana berhasil di tumbangkan oleh para atlet kebanggaan Tanah Air. Hanya saja perjalanan mereka terhenti, setelah kembali kalah dari Filipina dengan skor akhir 0 - 3. Hasilnya, Indonesia harus puas berada di peringkat ketiga dan berhak atas medali perunggu.



Simak Video "PBESI Yakin Esports RI Raih 6 Medali Emas di SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)