Ini Hasil Penyelidikan Moonton Terkait Insiden di Laga Evos vs Alter Ego

Ini Hasil Penyelidikan Moonton Terkait Insiden di Laga Evos vs Alter Ego

Panji Saputro - detikInet
Sabtu, 23 Apr 2022 16:45 WIB
Ini Hasil Penyelidikan Moonton Terkait Insiden di Laga Evos vs Alter Ego
Ini Hasil Penyelidikan Moonton Terkait Insiden di Laga Evos vs Alter Ego (Foto: MPL Indonesia)
Jakarta -

Pada laga kedua hari pertama babak playoff MPL ID S9, terjadi hal yang tidak menguntungkan bagi Alter Ego. Pasalnya, salah satu roster mereka, yakni Pai, tidak bisa menggerakkan hero yang saat itu digunakannya pada game kelima. Lantas, mengapa Celiboy dan kawan-kawan tidak memperoleh izin pause?

"Penyelidikan kami pada pertandingan Evos Legends vs Alter Ego, tadi malam telah berakhir. Ada beberapa temuan dalam insiden ini, dan kami ingin meminta maaf kepada semua pihak yang terlibat," ungkap Moonton, dalam keterangan yang diterima detikINET).

Terkait keputusan wasit tidak memberikan izin pause kepada Alter Ego, Moonton pun membeberkan beberapa fakta. Di mana mereka mengacu pada rulebook MPL Indonesia.

Fakta-fakta yang Ditemukan Saat Laga Evos Legends vs Alter Ego

  • Pada 21 April 2022, selama game kelima, antara Alter Ego dan Evos, Pai dari Alter Ego mengalami lag yang tidak memungkinkannya untuk mengontrol hero dengan baik.
  • Alter Ego meminta pause saat game memasuki menit 20:48, tanpa mengangkat tangan.
  • Leomurphy melanjutkan mengangkat tangannya di 20:49. Namun, ada pertarungan tim terjadi, dan wasit yang bertugas melanjutkan pertandingan sesuai rulebook MPL Indonesia, bahwa tidak ada pause selama pertarungan tim yang terjadi di 20:49.
  • Jeda hanya diperbolehkan saat game memasuki menit 20:57, wasit melihat ini merupakan akhir dari pertarungan tim.
  • Pertandingan dilanjutkan, setelah memastikan bahwa Pai tidak tertinggal lagi dan berakhir pada menit 30:06. Berdasarkan penilaian teknis kami, liga mengevaluasi dan membuat keputusan bahwa permainan tetap dilanjutkan karena tidak adanya lagging dan bug telah diperbaiki. Wasit juga telah menerima persetujuan dari kedua tim untuk melanjutkan pertandingan.

Sedikit informasi terkait rulebook MPL Indonesia. Jika ini adalah pertandingan offline, tim dapat mengangkat tangan mereka untuk meminta jeda.

Kemudian wasit harus segera menghentikan pertandingan sementara. Lalu menanyakan juga mengenai alasan meminta pause dari yang bersangkutan.

Bila ini adalah pertandingan online, tim dapat meminta manajer mereka, untuk berkomunikasi dengan wasit dan meminta jeda. Ia pun harus segera menghentikan laga sementara dan menanyakan alasan pause tersebut.

Perlu menjadi catatan penting, di mana jika pertarungan tim terjadi selama permintaan pause, maka wasit menghentikan pertandingan setelah war itu usai.

"Liga juga telah membuat keputusan, untuk melanjutkan pertandingan tersebut tanpa remake. Kami akan mematuhi keputusan akhir dari pertandingan Bo5 antara Alter Ego dan Evos Legends," tulis MPL Indonesia.



Simak Video "Sambutan Hangat untuk Tim Esports Peraih Medali di SEA Games 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)