Waduh, Sony Mau Susupkan Iklan ke Game PS5

Waduh, Sony Mau Susupkan Iklan ke Game PS5

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 21 Apr 2022 17:46 WIB
Custom cover PS5
Ilustrasi PS5. Foto: dok. Sony
Jakarta -

Sony disebut tengah mencari cara untuk memasukkan iklan ke dalam game gratis yang ada di PS5, setelah sebelumnya Microsoft disebut tengah mengembangkan sistem serupa untuk Xbox.

Tampaknya kedua jagoan konsol itu mencari cara untuk menjadikan gamer konsol sebagai target pasar bagi para pengiklan. Langkah ini juga diharapkan membuat para pengembang game lebih tertarik membuat game gratis, karena bisa menjadikan iklan sebagai pemasukan untuk game tersebut.

Dengan sistem iklan seperti itu, iklan bisa ditampilkan di antarmuka konsol, atau bisa juga dalam menu di dalam game. Pengembang game juga bisa menyusupkan iklan di mana pun di dalam lingkungan game, misalnya dalam papan iklan yang ditampilkan di dalam game.

Iklan seperti ini memang bukan hal baru, namun bisa lebih meluas penggunaannya jika Sony mendukungnya sampai level platform. Dengan sistem seperti ini, gamer bisa saja mendapat 'hadiah' tertentu dengan menonton iklan, kurang lebih sama seperti apa yang sudah ada di game mobile.

Pengembang game bisa menjual slot iklan tersebut secara privat, dan sejauh ini Sony belum menentukan apakah mereka akan mengenakan pajak untuk pemasukan dari iklan tersebut. Berbeda dengan Microsoft yang sudah memastikan kalau mereka tak akan mengambil keuntungan dari pemasukan iklan itu nantinya.

Namun kalaupun Sony nantinya tak mengambil untung dari iklan itu, mereka bisa saja menjual data pengguna ke para pengiklan. Misalnya apa yang dilakukan pemain setelah mereka melihat sebuah iklan.

Menurut seorang sumber, data tersebut semestinya tak menyertakan nama pemain ataupun alamat emailnya. Sony pun akan menyaring para klien iklannya dengan ketat, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (21/4/2022).

Rencana game PlayStation yang berbayar lewat iklan sebenarnya sudah muncul sejak Sony merilis PS5 pada akhir 2020 lalu. Namun malah Microsoft yang akan lebih dulu menerapkannya di Xbox pada Q3 2022, sementara Sony disebut baru akan menerapkannya pada akhir 2022.



Simak Video "Sony Perkenalkan Headphone Peredam Bising Terbarunya, Ini Harganya!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)