Deretan Game Tenar Blizzard Ini Ngadat Gara-gara DDoS

Deretan Game Tenar Blizzard Ini Ngadat Gara-gara DDoS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 16 Des 2021 19:30 WIB
Tuduhan Pelecehan Seksual di Activision Blizzard Semakin Parah
Foto: Screenshot Youtube Blizzard Entertainment
Jakarta -

Sejumlah game besutan Blizzard sempat tak bisa dimainkan selama beberapa jam akibat serangan distributed denial of service (DDoS).

Dilansir Digital Trends, Kamis (16/12/2021), gamer yang mencoba login ke Battle.net dan bermain Overwatch, Heartstone, dan World of Warcraft tak bisa terhubung dengan temannya ataupun menemukan lawan untuk bertanding di game tersebut.

Masalah itu terjadi sejak pukul 10.15 malam EST (10.15 siang WIB), dimana latensi mulai meningkat dan adanya masalah koneksi di Overwatch. Yaitu banyak gamer yang mengeluhkan terputus koneksinya dari dalam game, dan terkena penalti karena meninggalkan pertandingan.

Tim dukungan teknis Blizzard baru mengakui adanya serangan DDoS pada pukul 11 malam, dan terjadi sampai pukul 3 pagi EST atau sekitar pukul 3 siang WIB, (15/12/2021). Belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas serangan DDoS ini.

Para pemain Overwatch yang terus terputus dari pertandingan 'ranked'-nya kemudian membanjiri forum Blizzard untuk menumpahkan uneg-unegnya, dan mengeluhkan masalah ini. Keluhan para pemain itu bermacan, dari waktu tunggu untuk mencari lawan tanding pun menjadi meningkat, sampai tak bisa login ke Battle.net.

Masalah serupa juga dikeluhkan oleh para pemain Heartstone dan World of Warcraft. Blizzard pun langsung memajang pesan pemberitahuan yang menyebut mereka tengah mengalami serangan DDoS.

"Saat ini kami tengah mengalami serangan DDoS, yang akan mengakibatkan tingginya latensi dan terputusnya koneksi untuk beberapa pemain. Kami tengah mengusahakan untuk memitigasi masalah ini," tulis Blizzard.

Kemudian diketahui jkalau semua game Blizzard pun terdampak dari serangan DDoS ini, termasuk sejumlah situs mereka seperti toko Blizzard Gear dan situs dukungan mereka. Masalah latensi tinggi ini masih terjadi sampai pukul 2 pagi.

Ini bukan pertama kalinya Blizzard terkena serangan DDoS. Pada 7 September 2019 pun mereka pernah terkena serangan DDoS, tepatnya game World of Warcraft Classic. Pelaku serangan itu kemudian ditangkap pada akhir September 2019.

Serangan terbaru ke Battle.net terjadi pada 24 November lalu, di mana mereka terkena sejumlah serangan DDoS berbeda yang membuat pemain tidak bisa login ke layanan tersebut.



Simak Video "Tengok Kesiapsiagaan Prajurit Ukraina Hadapi Ancaman Invasi Rusia "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)