Tips Jadi Caster Handal Ala Bro Pasta, Peraih Caster Esports Terfavorit

Tips Jadi Caster Handal Ala Bro Pasta, Peraih Caster Esports Terfavorit

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 07:45 WIB
Tips Jadi Caster Handal Ala Bro Pasta, Peraih Caster Esports Terfavorit
Tips Jadi Caster Handal Ala Bro Pasta, Peraih Caster Esports Terfavorit (Foto: Foto: Panji Sapturo/detikINET)
Jakarta -

Riantoro Yogi Saputra atau kerap dikenal Bro Pasta, memberikan tips terkait menjadi caster handal. Bagaimana saran dari pria, yang memperoleh penghargaan sebagai Caster Esports Terfavorit di Indonesian Esports Awards 2021 ini? Mari simak penjelasannya.

"Menurut saya, untuk menjadi caster yang handal, kalian harus mengetahui game yang dibawakan tersebut. Lalu mengerti mekaniknya dan seberapa besar komunitas dari game ini," kata Bro Pasta, dalam keterangannya kepada detikINET, di sela-sela konferensi pers PUBG Mobile X Gundala belum lama ini.

Bro Pasta meneruskan, bahwa calon caster juga harus memahami tingkatan lebih tinggi setelah komunitas, yakni para pro player. Seperti bagaimana cara mereka bermain dan hal lainnya, yang mendulang informasi.

"Di luar hal itu, kalo ingin menjadi caster yang bagus, harus dan wajib mencari referensi caster yang tidak hanya di Indonesia. Tetapi juga di luar negeri, namun sekiranya cocok dengan kalian, baik gaya pembawaan dan segala macamnya," ujar Bro Pasta.

Ia juga tidak lupa mengingatkan, untuk menerapkan konsep ATM atau Amati, Tiru dan Modifikasi. Tetapi setelah itu, Bro Pasta menegaskan bahwa para calon caster harus membuat karakternya sendiri. Jadi ketika sudah populer, tidak akan cepat menghilang.

"Nikmati saja prosesnya, tidak perlu melihat terlalu ke atas. Tetapi nikmati setiap proses yang kalian jalani," tambahnya.

Menurut pria yang mengawali kariernya di Dota 2, bagi yang ingin menjadi caster, peluangnya masih cukup banyak. Karena sekarang industri esports sedang berkembang, di mana telah banyak merek dagang yang melirik ke ekosistem ini.

"Kalau dulu, brand yang melihat esports hanya elektronik dan beberapa smartphone saja. Tetapi sekarang sudah di luar brand teknologi," ujar Bro Pasta.

Dalam keterangannya disampaikan, bahwa industri esports semakin maju. Jadi bila ingin terjun dan mengambil satu bagian di sini, contohnya caster, itu masih belum terlambat.

"Tinggal bagaimana kita bisa mengasah kemampuan, untuk bersaing dengan yang lainnya," tegasnya.

Ia pun memiliki satu wejangan untuk para orang-orang di luar sana, yang baru ingin menekuni profesi tersebut..

"Bagi yang ingin masuk ke dunia caster, jangan mementingkan uang dulu. Karena jujur caster itu tidak ada uangnya dari awal, tetapi memang benar-benar bonyok. Nikmati saja prosesnya, tidak usah ingin buru-buru naik ke atas. Karena ketika naik dengan cepat, maka turunnya juga cepat," tutup Bro Pasta.



Simak Video "Setelah Sempat Dicekal, PUBG Kini Bisa Diakses Lagi di India"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)