Cloud Gaming Mulai Tersedia di Xbox

Cloud Gaming Mulai Tersedia di Xbox

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 18 Nov 2021 22:11 WIB
Xbox Series X
Xbox Series X. Foto: Microsoft
Jakarta -

Microsoft mulai menghadirkan layanan cloud gaming-nya yang bernama Xbox Cloud Gaming ke jajaran konsol Xbox, yaitu Xbox One dan Xbox Series X/S.

Dengan fitur ini, pengguna konsol Xbox yang berlangganan Game Pass Ultimate bakal bisa menikmati Xbox Cloud Gaming tersebut. Hanya saja, layanannya baru tersedia di 25 negara, dan Indonesia tidak termasuk dalam daftar negara tersebut.

Dilansir The Verge, Kamis (18/11/2021) layanan ini pun menurut Microsoft mungkin tak akan langsung tersedia, karena ketersediaannya akan bertahap ke sejumlah pengguna Xbox tertentu pada awalnya, dan baru tersedia ke semua pengguna -- di 25 negara tersebut -- dalam beberapa minggu ke depan.

Layanan cloud gaming di konsol membuat pengguna bisa menjajal game yang ada di Game Pass tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu, mengingat ukuran game di konsol ini terbilang besar.

Atau bisa juga jika mendapat ajakan untuk bermain secara multiplayer namun game yang akan dimainkan belum diinstal. Jadi dengan menggunakan cloud gaming, pengguna bisa langsung memainkan game tersebut tanpa harus menunggu lama.

Keuntungan untuk pengguna konsol generasi lama, dalam hal ini Xbox One, malah lebih besar. Penggunanya bisa memainkan game yang hanya tersedia untuk Xbox Series X/S yang lebih baru di konsol lamanya. Meski judul andalan Microsoft seperti Flight Simulator untuk saat ini belum tersedia, dan dijanjikan akan hadir pada awal 2022.

Xbox Cloud Gaming awalnya bernama Project xCloud dan pertama hadir di iOS serta PC secara beta pada April lalu. Kemudian ketersediaannya diperluas untuk pelanggan Game Pass Ultimate pada Juni lalu, dan baru diintegrasikan di konsol untuk Xbox Insider pada September lalu.

Kehadiran layanan cloud gaming ini muncul tak lama setelah beberapa pengumuman yang menarik untuk para pengguna Xbox. Seperti peluncuran Halo Infinte multiplayer, kehadiran 76 games jadul yang bisa dimainkan di Xbox terbaru, FPS Boost untuk beberapa judul Cloud Gaming dan banyak game di Xbox Series X/S.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)