Game Buatan Blizzard Kehilangan 12 Juta Pemain Aktif

Game Buatan Blizzard Kehilangan 12 Juta Pemain Aktif

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 24 Sep 2021 15:07 WIB
Tuduhan Pelecehan Seksual di Activision Blizzard Semakin Parah
Game Buatan Blizzard Kehilangan 12 Juta Pemain Aktif (Foto: Screenshot Youtube Blizzard Entertainment)
Jakarta -

Sejak pandemi COVID-19 terjadi pada 2020 lalu, industri mengalami kenaikan yang pesat karena banyak orang yang menjadi punya tambahan waktu untuk bermain game -- karena lockdown, tapi tidak semua...

Blizzard adalah perusahaan yang tak beruntung selama pandemi, pasalnya game-game buatannya kehilangan sekitar 12 juta gamer aktif sejak 2018. Menurut penelitian dari Mejores Apuestas (MA), penurunan itu sebenarnya sudah terjadi sejak 2017.

Antara 2017 dan 2018, jumlah monthly active users (MAU) Blizzard turun 11 juta, dari 46 juta menjadi 35 juta di Q4 2018, lalu pada Q2 2021 ini, MAU Blizzard tercatat ada di angka 26 juta.

Penurunan MAU ini sebenarnya tidak drastis, melainkan turun dengan angka yang tetap setiap periodenya, selama 3,5 tahun belakangan. Namun penonton game Blizzard di Twitch penurunannya jauh lebih parah.

Contohnya pada Agustus 2019, game Overwatch di Twitch punya sekitar 47 juta pengikut, dengan jumlah penonton mencapai 7,6 miliar, alias game terpopuler ke-7. Namun pada Agustus 2021, jumlah pengikutnya merosot menjadi 12,1 juta, dan jumlah penontonnya menurun hampir 75%.

Penurunan MAU dan penonton di Twitch yang dialami Blizzard ini bukan karena pandemi, karena mereka belakangan ini memang berjuang keras menghadapi berbagai masalah yang menyebabkan mereka ditinggalkan gamer.

Masalah terbaru dari Blizzard adalah terkait suasana kerja yang toxic, yang sampai berujung pada investigasi yang dilakukan oleh Securities and Exchange Commission terkait masalah budaya kerja tersebut.

Selain itu, Blizzard bisa dibilang tak punya game andalan setelah Overwatch yang dirilis pada 2016. Begitu juga game legendaris Diablo yang tak diperbarui sejak Diablo III pada 2012. Mereka memang sudah memastikan tengah menggarap Diablo IV, namun tanggal peluncurannya sampai saat ini belum diketahui.

Sebenarnya ada Diablo Immortal, yang ditujukan untuk menarik gamer mobile. Sayangnya game ini tak mendapat tanggapan bagus dari konsumen, bahkan bisa dibilang ditolak oleh para penggemar Diablo, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (24/9/2021).



Simak Video "Makna Rambut Merah Karakter Gi-hun di Episode Akhir Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)