Bikin Dunia Sendiri Lewat Game Mini World: Creata

Bikin Dunia Sendiri Lewat Game Mini World: Creata

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 08 Sep 2021 14:55 WIB
Mini World: Creata
Bikin Dunia Sendiri Lewat Game Mini World: Creata (Foto: Mini World: Creata)
Jakarta -

Setelah mencapai 20 juta pemain aktif bulanan di seluruh dunia, game 3D sandbox Mini World kini berubah nama menjadi Mini World: Creata.

Game Mini World mengundang para pemain yang membuat peta atau mini game yang dapat dimainkan oleh pemain lainnya, dan memberikan kompensasi berupa uang dari hasil pembuatan tersebut.

Mini World: Creata merupakan upgrade dari konsep monetisasi tersebut dengan menghadirkan sejumlah fitur yang mempermudah para developer untuk berkreasi dan menghasilkan uang.

Pemain diajak menjadi bagian dalam game ini, yaitu memberikan ruang bagi pemain dalam berkontribusi memberikan konten. Juga membebaskan pemain baru dalam memperkaya game tersebut.

Kemudahan proses ini guna memberikan rasa nyaman kepada pemain sehingga dapat terus membuat dan memberikan konten - konten baru di dalam game. Hal ini dilihat dari ramainya platform sandbox dengan konten buatan pengguna atau disebut User Generated Content (UGC).

"Dengan Mini World: Creata, pemain bebas membangun ekosistem inklusif dengan berbagai konten buatan pengguna lain dan dapat terhubung dengan pemain-pemain lain. Pemain dapat menikmati beragam jenis game seperti parkour, pertempuran (battle), dekripsi (decryption), simulasi (simulation), dan lainnya. Terdapat juga game lainnya yang membuat pemain bernostalgia, seperti game yang menggunakan konten Tetris sebagai sumber inspirasi," ujar James Chan, Head of Mini World: Creata, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (8/9/2021).

Dirilis pada tahun 2017, Mini World telah menjadi arena permainan dari hasil kreasi bagi puluhan juta pemain aktif di 30 negara lebih. Dikarenakan hasil imajinasi para pengguna aktif ini dapat dimainkan oleh pemain lainnya dari seluruh penjuru dunia, Mini World pun dianugerahi penghargaan 'Game Inovatif Terbaik' oleh Google Play pada tahun 2018.



Simak Video "Fakta-fakta Drakor Squid Game yang Terinspirasi dari Permainan Anak Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)