Investor Klaim Gaji CEO Activision Blizzard Terlalu Besar

Investor Klaim Gaji CEO Activision Blizzard Terlalu Besar

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 10 Jun 2021 21:40 WIB
Investor Klaim Gaji CEO Activision Blizzard Terlalu Besar
Investor Klaim Gaji CEO Activision Blizzard Terlalu Besar (Foto: pcgamesn.com)
Jakarta -

Bagi para investor, Bobby Kotick, CEO Activision Blizzard, dinilai memiliki gaji yang terlalu besar. Ia bisa menghasilkan USD 1,75 juta (sekitar Rp 24,9 miliar rupiah) per tahun dari gaji pokoknya.

Kotick sendiri sebenarnya telah menerima pemotongan 50 persen dari gaji popoknya. Tetapi ia masih bisa mendapatkan bonus hingga jutaan dolar per tahun.

Perjanjian baru pun dibuat dan mengungkapkan bahwa Kotick memperpanjang perjanjian kerjanya hingga 31 Maret 2023. Dengan potongan gaji tentunya, sehingga ia sekarang akan mendapatkan USD 875 ribu (sekitar Rp 12,4 miliar) per tahun, dikutip detikINET dari NME, Kamis (10/6/2021).

Namun dari perjanjian baru tersebut, ternyata Kotick masih bisa mendapatkan bonus hingga 200 persen dari gaji pokoknya. Sungguh nominal yang cukup besar, dengan total pendapatan bahkan bisa melebih gaji pokoknya sebelum dipotong 50 persen.

Baru-baru ini Kotick juga mendapatkan kritik dari CtW Investment Group, sebuah perusahaan investasi yang didanai oleh serikat kerja, terkait jumlah pendapatan yang ia peroleh. CtW mengklaim bahwa Kotick bisa mendapatkan hampir USD 200 juta (sekitar Rp 2,8 triliun) dalam bonus sahamnya.

Activision memang bisa dikatakan merupakan publisher yang sukses memasarkan game mereka. Mereka bahkan baru-baru ini menyatakan bahwa Call of Duty: Warzone memiliki lebih dari 100 juta pemain dan seri Call of Duty sendiri telah terjual hingga 400 juta kopi.

Pendapatan Activision Blizzard tahun 2020 lebih baik dari perkiraan yakni USD 8,09 miliar (sekitar Rp 115,2 triliun), naik dari tahun sebelumnya 2019 yaitu USD 6,49 miliar (sekitar Rp 92,4 triliun).

Activision Blizzard juga berhasil meraup keuntungan hingga USD 700.000 (sekitar Rp 10,1 miliar) dari game mobile baru mereka, yakni Crash Bandicoot: On The Run. Nominal tersebut bahkan didapatkan hanya dalam waktu satu minggu usai game tersebut dirilis.



Simak Video "Main CODM Season Baru, Bareng Teman Makin Seru"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)