Ingat! DualSense Wireless Controller PS5 Tidak Bisa Digunakan Untuk PS4

Ingat! DualSense Wireless Controller PS5 Tidak Bisa Digunakan Untuk PS4

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 21:42 WIB
Ingat, Controller PS5 Tidak Bisa Digunakan Untuk PS4.
Ingat! DualSense Wireless Controller PS5 Tidak Bisa Digunakan Untuk PS4 (Foto: PlayStation)
Jakarta -

DualSense Wireless Controller milik PS5 menjadi populer sejak perilisannya. Banyak gamer yang membelinya dan digunakan untuk bermain game di PC.

Hal ini menimbulkan sejumlah pertanyaan, apakah pengontrol PS5 juga berfungsi di PS4? Hal ini mengingat banyak game PS4 yang yang hampir 100 persen kompatibel dimainkan di PS5.

Hingga saat ini DualSense memang telah dipuji karena memiliki desain, nuansa dan fitur yang revolusioner. Namun sayangnya, jawaban dari pertanyaan di atas sangat sederhana, yakni DualSense Wireless Controller PS5 tidak kompatibel bila digunakan di PS4, dikutip detikINET dari Gamerant, Selasa (8/6/2021).

Kabar baiknya, ada solusi bagi para penggemar yang masih bersikeras menggunakan DualSense di PlayStation 4. Cara ini memang terkesan merepotkan, karena harus menggunakan platform lain seperti PC atau laptop.

Metodenya dengan menggunakan aplikasi PlayStation Remote Play. Untuk PC dan laptop sangat dibutuhkan kontribusinya, sebagai perantara ke PS4.

Lalu dibutuhkan kabel USB yang berperan menghubungkan pengontrol PS5 ke PC. Kemudian ketika akan menggunakan DualSense Wireless Controller, aplikasi Remote Play harus diaktifkan di PC sebagai perantara.

Setelah koneksi terhubung, PS4 dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan DualSense Wireless Controller yang dicolokkan ke PC melalui USB. Ada beberapa hal penting yang harus diingat, pertama pemain membutuhkan internet berkecepatan tinggi untuk menghindari penundaan input antara PC dan PS4.

Lalu fitur lengkap yang dimiliki DualSense, tidak dapat dinikmati saat pemain bermain game PS4. Hal ini ternyata juga berlaku sebaliknya, Sony sempat mengonfirmasi bahwa pengontrol PS4 tidak bisa digunakan untuk PS5.

Mereka mengatakan bahwa DuaShock 4 dan pengontrol PS4 pihak ketiga berlisensi sebenarnya bisa digunakan di PS5. Namun hanya mendukung beberapa game PS4 saja.

Seperti halnya pengontrol PS3 yang tidak berfungsi bila digunakan di PS4. Jadi ada baiknya membeli konsol beserta pengontrol yang kompatibel, menghindari kesan repot ke depannya.



Simak Video "PS5 Tersedia di Indonesia Mulai Januari 2021, Kapan Bisa Pesan?"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)