Jangan Harap Game PS1, PS2 dan PS3 Dapat dimainkan di PS5

Jangan Harap Game PS1, PS2 dan PS3 Dapat dimainkan di PS5

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 02 Jun 2021 21:50 WIB
PS5
Jangan Harap Game PS1, PS2 dan PS3 Dapat dimainkan di PS5 (Foto: istimewa)
Jakarta -

Sony mengungkapkan bahwa game PlayStation dari seri sebelumnya yang bisa beroperasi di PS5 hanya PS4. Mereka ingin generasi terbaru ini dapat memainkan ribuan game PS4 pada liburan tahun ini.

Pengembangan perangkat lunak, OS dan SoC dari PS5 dibangun dari bawah ke atas atau dari seri sebelumnya dengan mempertimbangkan kompabilitas PS4. Ini tidak termasuk dengan game PS1, PS2 dan PS3.

Pada wawancara yang dilakukan baru-baru ini dengan Gamespark, perwakilan Sony, Mark Cerny, mengatakan dukungan game PS4 saat ini yang menjadi fokus utama.

"Kami fokus bekerja pada PS4, sehingga pengguna dapat pindah ke konsol baru (PS5) dengan game yang telah dimiliki di perpustakaan PS4. Tidak ada yang bisa kami jawab tentang PS1, PS2 dan PS3," ungkapnya, dikutip detikINET dari Tweaktown, Rabu (2/6/2021).

Ia juga menyampaikan bahwa mereka ingin fokus pada 100 game teratas PS4 berdasarkan game terlama yang dimainkan oleh penggemar.

"Untuk menikmati permainan yang luar biasa dari PS4 di PS5, kami telah berusaha keras untuk mengembangkan fungsi yang kompatibel ke belakang untuk PS5," ungkap Cerny.

"Lebih dari 4.000 game tersedia untuk PS4, dan kami yakin Anda juga dapat menikmatinya di PS5," tambahnya.

Menjadi masuk akal ketika fokus mereka pada game PS4 dari sudut pandang bisnis. Konsol ini sendiri telah menjual lebih dari 1 miliar game di 110 juta sistem. Sehingga ini menjadi langkah yang amat penting untuk menemukan cara meneruskannya ke PS5.

Sedangkan bila mengarah pada game PS1, PS2 dan PS3, Sony tidak akan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini dikarenakan game dari konsol tersebut tidak diproduksi lagi dan hanya pengecer bekas yang menjualnya, di mana Sony tidak mendapatkan keuntungan dari setiap penjualannya.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)