Ditenagai AMD, Sistem Infotainment Mobil Tesla Setara PS5

Ditenagai AMD, Sistem Infotainment Mobil Tesla Setara PS5

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 01 Jun 2021 13:47 WIB
AMD
Chip dan GPU AMD akan mentenagai infotainment Tesla. Foto: dok AMD
Jakarta -

AMD resmi mengumumkan prosesor Ryzen dan GPU RDNA 2 akan mentenagai sistem infotainment di mobil Tesla Model S dan Model X yang baru diperbarui. Alhasil pemilik dapat memainkan video game di mobil mereka saat tidak mengemudi,melihat peta dan item lainnya secara lebih rinci.

"Ya, Model S & X baru memiliki daya komputasi hiburan level PS5," kicau Elon Musk, CEO Tesla di akun Twitternya.

Presiden dan CEO AMD, Dr Lisa Su mengungkap mobil baru Tesla akan menyematkan kekuatan grafis 10 TFlops pada sistem infotainment terintegrasi. Ini berarti CPU Ryzen dan GPU RDNA 2 didedikasikan untuk pengguna di kokpit dan bukan sistem kecerdasan buatan untuk autopilot.

Karena mobil ini menggunakan arsitektur RDNA 2, pada prinsipnya sebanding dengan konsol baru dari Sony dan Microsoft. Sebab GPU ini berada di belakang PlayStation 5 dan Xbox Series X / S. Jadi di atas kertas, pengembang dapat menawarkan game AAA intensif grafis yang sama di mobil Tesla seperti di konsol.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Tesla untuk menghadirkan kekuatan Radeon ke mobil flagship mereka terbaru, dan berharap dapat memberikan platform baru yang hebat bagi para gamer untuk AAA gaming," ujar Lisa Su saat menyampaikan keynote di ajang Computex 2021 yang digelar online.

Sistem Infortaiment Tesla Sistem Infortainment Tesla Foto:Tesla

Dalam kesempatan yang sama, Lisa Su turut mengumumkan kolaborasi AMD dengan Samsung. Hasilnya akan tertuang dalam Exynos SoC generasi berikutnya yang akan menampilkan IP grafik berbasis arsitektur AMD RDNA 2 custom, menghadirkan kemampuan raytracing dan shading tingkat variabel ke perangkat seluler andalan .

Tak hanya itu, diumumkan prosesor AMD Ryzen baru untuk para antusias dan pengguna PC, prosesor AMD EPYC generasi ketiga yang bakal mentenagai performa data center, dan jajaran lengkap teknologi grafis AMD baru untuk para gamer.



Simak Video "Kelebihan Prosesor AMD Ryzen 5000 Series Generasi Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)