Game PS5 Bakal Lebih Irit Tempat

Game PS5 Bakal Lebih Irit Tempat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 23 Mei 2021 10:08 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Foto: (Unsplash/RRQ)
Jakarta -

Konsol generasi baru seperti PlayStation 5 ataupun Xbox Series S/X menawarkan grafis yang memukau, namun di sisi lain, game-nya pun memakan lebih banyak tempat di storage.

Namun Sony tampaknya punya trik khusus untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menerapkan kompresi yang yang ekstrem. Hal ini sangat penting, karena storage bawaan PS5 hanya 825 GB, itu pun belum terpotong untuk sistem.

Padahal, game dengan grafis bagus biasanya memakan puluhan, atau bahkan sampai di atas 100 GB. Dan Sony pun belum membuka akses slot M.2 di PS5 untuk dipakai sebagai tambahan storage.

Nah, baru-baru ini diketahui kalau PS5 punya sistem kompresi yang ekstrem. Contohnya game Subnautica, yang di PS4 membutuhkan tempat 14GB, namun saat dirilis ulang di PS5 hanya memakan tempat 3,5GB, atau berkurang hampir 70%.

Ada juga contoh lain, yaitu game AAA seperti Control: Ultimate Edition, yang di Xbox Series X ukurannya mencapai 42,5GB sementara di PS5 hanya 25,79GB, atau lebih kecil 39%, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Minggu (23/5/2021).

Namun perlu diingat, tak semua game memanfaatkan kompresi ini. Contohnya Mass Effect Legendary Edition di Xbox Series X/S memakan tempat 88GB, sementara di PS5 malah lebih besar, yaitu 101GB.

Selain kompresi, ada faktor lain yang bisa berpengaruh pada ukuran game yang lebih kecil. Salah satunya adalah data tekstur dan lainnya kini tak lagi terduplikasi di file game, yang juga berdampak pada loading game yang lebih cepat. Baik Xbox Series X/S maupun PS5 sudah bisa menikmati fitur ini.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)