Game Gran Turismo Resmi Jadi Olahraga di Olimpiade Tokyo 2021

Game Gran Turismo Resmi Jadi Olahraga di Olimpiade Tokyo 2021

Panji Saputro - detikInet
Senin, 26 Apr 2021 22:11 WIB
Tokyo 2020 Olympic Games mascot Miraitowa poses with a display of Olympic Symbol after an unveiling ceremony of the symbol on Mt. Takao in Hachioji, west of Tokyo, Wednesday, April 14, 2021, to mark 100 days before the start of the Olympic Games. (Kim Kyung-Hoon/Pool)
Game Gran Turismo Resmi Menjadi Olahraga yang Diperlombakan di Olimpiade (Foto: AP/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta -

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan rangkaian olahraga virtual yang akan hadir di Olympic Virtual Series. Event ini akan diselenggarakan secara perdana menjelang Olimpiade Tokyo 2021.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan bermitra dengan lima Federasi Olahraga Internasional (IF) dan beberapa penerbit game. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan Olympics Virtual Series sebuah acara berlisensi Olimpiade pertama untuk olahraga virtual fisik dan non-fisik.

Terdapat beberapa kategori olahraga virtual yang akan diperlombakan yaitu baseball, sepeda, dayung, layar dan motorsport. Gran Turismo pun terpilih menjadi game motorsport yang akan di pertandingkan, dilansir detikINET dari situs resmi Olimpiade Tokyo, Senin (26/4/2021).

Presiden IOC, Thomas Bach mengatakan Olympics Virtual Series adalah Olimpiade baru yang memberikan pengalaman digital unik, dengan tujuan untuk menumbuhkan keterlibatan langsung dengan pemirsa baru di bidang olahraga virtual.

"Konsep ini sejalan dengan Agenda Olimpiade 2020 + 5 dan Strategi Digital IOC. Ini mendorong partisipasi olahraga dan mempromosikan nilai-nilai Olimpiade yang terfokus pada anak muda," kata Bach.

Berikut Federasi Internasional dan penerbit game yang akan berpartisipasi dan menjadi bagian dalam Olympic Virtual Series:

  • Baseball - World Baseball Softball Confederation (WBSC) - eBaseball Powerful Pro Baseball 2020 (Konami Digital Entertainment)
  • Bersepeda - Union Cycliste Internationale (UCI) - Zwift (Zwift inc.)
  • Mendayung - World Rowing - Open format
  • Berlayar - World Sailing - Virtual Regatta (Virtual Regatta SAS)
  • Otomotif - Federation Internationale de l'Automobile (FIA) - Gran Turismo (Polyphony Digital)

Olympics Virtual Series sendiri akan diadakan menjelang Olimpiade Tokyo 2020 yang sempat tertunda hinnda Juli 2021 karena pandemi. Rencananya event ini yang dimulai pada 13 Mei hingga 23 Juni 2021.

Kelima olahraga yang diperlombakan di Olympic Virtual Series akan memiliki konsep berbeda-beda. Dalam hal ini, para penerbit akan menggunakan platformnya masing-masing.

Sedangkan untuk informasi terkait konsep tersebut dan berapa hadiah yang diperebutkan masih belum diketahui detailnya. Namun mereka mengungkapkan akan segera mengumumkannya.



Simak Video "IOC Gelar Olimpiade Tokyo 2021 Sesuai Jadwal"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)