Aplikasi Streaming Game Twitch Ancam Blokir Gamer Terkait Pelecehan

Aplikasi Streaming Game Twitch Ancam Blokir Gamer Terkait Pelecehan

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 19:31 WIB
Twitch
Aplikasi Streaming Game Twitch Perbarui Panduan Komunitas (Foto: internet)
Jakarta -

Twitch telah mengumumkan pembaruan pada pedoman komunitasnya. Hal ini bertujuan untuk membantu layanan streaming mengatasi perilaku dan pelecehan yang penuh kebencian.

Melalui postingan di blog Twitch, mereka mengkategorikan pelecehan di luar platform menjadi dua bagian yakni pelecehan yang terjadi di Twitch dan platform lainnya, dan pelecehan yang terjadi sepenuhnya di luar platform.

"Pedoman kami saat ini menyatakan bahwa dalam beberapa kasus serius sudah tersedia bukti yang dapat diverifikasi. Kami dapat mengambil tindakan terhadap pengguna atas perilaku kebencian atau pelecehan yang terjadi di luar layanan Twitch," tulis Twitch dikutip detikINET dari postingan blog.twitch.tv, Kamis (8/4/2021).

Kategori satu mencakup kasus-kasus di mana pelecehan terjadi baik di Twitch maupun di luar layanan streaming online tersebut. Twitch menyatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan pelecehan di platform lain seperti Twitter dan menyelidiki insiden pelanggaran yang dilaporkan selama siaran langsung.

Bagian baru ada di kategori dua yaitu Twitch kali ini akan memberlakukan pelanggaran serius yang menimbulkan keamanan substansial bagi komunitas Twitch, bahkan bila tindakan ini terjadi di luar platform. Twitch menjelaskan kategorinya yaitu:

  • Kekerasan mematikan dan kekerasan yang ekstrim
  • Kegiatan atau perekrutan teroris
  • Ancaman kekerasan massal yang eksplisit dan atau dapat dipercaya (ancaman terhadap sekelompok orang , peristiwa atau lokasi tempat orang akan berkumpul)
  • Kepemimpinan atau keanggotaan yang diketahui sebagai kelompok pembenci
  • Melakukan atau bertindak sebagai kaki tangan untuk aktivitas seksual non-konsensual atau serangan seksual
  • Eksploitasi seksual terhadap anak, seperti ajakan atau distribusi materi seksual di bawah umur
  • Tindakan yang secara langsung dan eksplisit akan membahayakan keamanan fisik komunitas Twitch, seperti mengancam kekerasan saat acara berlangsung.
  • Ancaman eksplisit dan atau kredibel terhadap Twicth, termasuk staf Twitch.

Mereka juga telah meminta bantuan kepada firma hukum investigasi pihak ketiga untuk membantu dukungan penyelidikan. Twitch pun telah membuat alamat email baru, OSIT@twitch.tv, yang bertujuan untuk mengirimkan bukti kesalahan di luar platform, termasuk yang tercantum di postingan blog mereka.

Twitch menyampaikan bahwa ruang lingkup investigasi untuk insiden di luar platform terbatas. Hal ini berlaku bagi laporan yang memang tercantum dalam daftar pelanggaran di kategori dua.

Twitch sendiri sudah menutup beberapa akun selama tuduhan pelecehan seksual pada tahun 2020. Seperti yang mereka lakukan kepada Zero, Streamer pro Super Smash Bros setelah dia mengakui bahwa dirinya mengirim pesan seksual kepada anak di bawah umur.

Dalam perubahan barunya, Twitch memberikan contoh terkait prilaku yang tidak dapat diterima seperti berbagi gambar atau simbol yang penuh kebencian dan menargetkan orang lain dengan serangan pribadi yang parah secara berulang.



Simak Video "Seputar Twitch, Tempat Streaming Duel Catur GM Irene Vs GothamChess"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)