Mengenal Twitch, Platform Streaming Laga GM Irene Sukandar vs Gothamchess

Mengenal Twitch, Platform Streaming Laga GM Irene Sukandar vs Gothamchess

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 17:20 WIB
Twitch
Foto: internet
Jakarta -

Pamor Catur semakin mengudara seiring pertandingan kontroversial Dewa Kipas vs Gothamchess alias International Master Levy Rozman menyeruak ke permukaan. Terbaru, Gothamchess vs Grandmaster Woman Irene Sukandar yang disiarkan secara live streaming lewat Twitch. Apa itu Twitch?

Sebelum berhadapan dengan Gothamchess, Irene Sukandar membuktikan kepiawaiannya di bidang catur dengan mengalahkan dengan telak Dewa Kipas dengan skor akhir 3-0.

Selang beberapa pekan kemudian, adu catur online Irene vs Gothamchess dilakukan dalam laga blitz battle pada Rabu (31/3) lewat Twitch. Skor pertandingan tersebut berakhir imbang 2-2.

Apa Itu Twitch?

Twitch adalah platform yang sering dimanfaatkan dan umumnya untuk menyiarakan game live streaming, baik itu Dota, Counter-Strike, Minecraft, Valorant, Apex Legends, maupun Chess.com.

Mulanya, Justin.tv diluncurkan pada 2007 oleh Justin Kan dan Emmett Shear. Kategori game jadi yang paling banyak dikunjungi yang akhirnya mereka membentuk Twitch pada Juni 2011.

Twitch lalu memegang peran sebagai layanan live streaming. Sementara itu, Justin.tv berubah namanya menjadi Twitch Interactive.

Amazon yang melihat pergerakan Twitch Interactive lalu membelinya dengan mahar USD 970 juta pada 2014, sekaligus mematahkan keinginan Google untuk memiliki Twitch yang kala itu disebut-sebut tidak terjadi kesepakatan antara Twitch Interactive dan Google.

Amazon lalu mengembangkan Twitch hingga sepopuler saat ini, termasuk fitur-fitur pendukung yang memudahkan akan game live streaming.

Layanan ini bisa diakses melalui URL twitch.tv atau dengan aplikasi Twitch yang tersedia di Play Store dan App Store.



Simak Video "Seputar Twitch, Tempat Streaming Duel Catur GM Irene Vs GothamChess"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)