Irene Sukandar vs GothamChess: Seru, Imbang dan Bersenang-senang

Terpopuler Sepekan

Irene Sukandar vs GothamChess: Seru, Imbang dan Bersenang-senang

Tim - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 12:07 WIB
irene kharisma sukandar levy rozman gothamchess catur
Adu catur Irene Sukandar dan GothamChess (Foto: Screenshot Twitch/irenesukandar)
Jakarta -

Adu catur online Woman Grandmaster Irene Sukandar vs International Master Levy Rozman alias GothamChess jadi perhatian besar. Kedua pemain senang, penonton pun demikian.

Bersenang-senang, itulah kesan dari pertandingan online yang ditunggu-tunggu sejak minggu lalu ini. Irene dan Levy bergembira, penonton pun senang dan dapat banyak pelajaran baru. Yuk simak lagi, runutan kejadiannya:

1. Kontroversi Dewa Kipas VS GothamChess

Pertandingan Irene dan GothamChess menjadi babak akhir dari polemik Dewa Kipas. Pertandingan kontroversial antara Dewa Kipas dan GothamChess, disambung acara Deddy Corbuzier membuat netizen bergejolak.

Namun, lambat laun jelas duduk perkaranya. Dewa Kipas ditutup akunnya bukan karena laporan GothamChess atau fans-nya, tapi menurut Chess.com karena ada anomali pada grafik permainannya yang dinilai meniru bot. Tapi Dewa Kipas pun sudah membantah curang.

Terlepas dari itu, Dewa Kipas juga diberi penghargaan karena berhasil membuat catur online menjadi populer di Tanah Air. Irene juga usai menang melawan Dewa Kipas meminta semua pihak menghentikan hujatan baik kepada Dewa Kipas ataupun GothamChess.

2. Adu catur Irene Sukandar VS GothamChes

Usai itu semua, apalagi yang lebih baik dari gelaran adu catur persahabatan antara Irene dan GothamChess. Irene dan Levy mengumumkan akan bertanding catur online dalam laga blitz battle pada Rabu (31/3) pukul 22.00 WIB. Laga disiarkan di akun Twitch mereka dan YouTube.

Netizen pun bersorak senang. Pengumuman tanding catur ini disambut antusias netizen. Mereka ada yang menjagokan Irene, ada juga yang menjagokan GothamChess.

Sejak Rabu pagi, netizen mulai membahas rencana duel catur antara Irene Kharisma Sukandar melawan Dewa Kipas. Informasi link live streaming juga diedarkan di media sosial.

3. Head to Head

Levy Rozman alias GothamChess memegang titel International Master dan berada di ranking 3.596 dunia. Rating tertingginya adalah 2421 yang dicapai bulan Agustus 2018 dan saat ini ada di angka 2343.

Irene Kharisma Sukandar adalah pemain catur wanita pertama Indonesia yang punya titel Woman Grandmaster (GMW) dan International Master (IM). Saat ini, Irene yang lulusan universitas Gunadarma ini berada di posisi 1.928 dunia dengan rating 2413.

Secara head to head, Irene ada di atas Levy. Untuk itulah pertandingan begitu dinantikan netizen.

4. Pertandingan berakhir imbang-2-2

Pertandingan yang mereka lakukan adalah duel catur unik yang bernama Fischer Random Chess atau Chess 960. Dalam permainan ini, bidak catur disusun secara acak. Hal ini membuat permainan catur menjadi lebih susah.

Setiap babak berlangsung 3 menit, adu catur berlangsung cepat dan seru. GothamChess sempat unggul lebih dulu di ronde pertama, lantaran Irene kehabisan waktu. Kemudian Irene membalas di babak kedua, ketika waktu habis, posisinya lebih unggul.

GothamChess membalas di babak ketiga. Kemudian Irene menutup laga dengan kemenangan dengan pergerakan catur yang efektif menjelang waktu habis. Skor imbang 2-2.

Dalam hitungan detikINET, jumlah penonton mencapai 53 ribu orang. Ini adalah gabungan jumlah penonton di akun Twtich Irene dan GothamChess, ditambah lagi penonton llive YouTube milik Irene Kharisma Sukandar.

5. Semua bersenang-senang

Kepada para fans, Irene dan GothamChess merasa senang bisa berkolaborasi dan melakukan pertandingan persahabatan. Keduanya membahas 4 babak permainan Fischer Random Chess.

Penonton yang awam juga jadi belajar dan dapat ilmu baru soal Fischer Random Chess alias Chess 960. Mungkin banyak yang tertarik mencobanya setelah ini.

Irene dan GothamChess juga menikmati momen dengan berkolaborasi main Hand and Brain. Irene 'memakai' akun GothamChess untuk melawan random player. Irene yang berpikir, GothamChess yang menggerakkan bidak catur.

Seiring malam makin larut, mereka pun menyudahi acara kolaborasi ini. Mereka mengatakan terbuka untuk kolaborasi bareng lagi seperti saat ini di masa depan. Penonton pun tampaknya puas.



Simak Video "Dewa Kipas Kalah, GothamChess Buka Akses YouTube bagi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)