Keanehan Adu Catur Irene vs GothamChess: Fischer Random Chess

Keanehan Adu Catur Irene vs GothamChess: Fischer Random Chess

Tim - detikInet
Kamis, 01 Apr 2021 11:40 WIB
Banner Irene Vs GothamChess
Duel Irene Sukandar dan GothamChess. Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Tanding catur online Woman Grandmaster Irene Sukandar vs International Master Levy Rozman alias GothamChess berakhir imbang 2-2, seluruhnya menggunakan peraturan 'aneh' yang bernama Fischer Random Chess atau Chess 960. Apakah itu?

Sesuai dengan namanya, Fischer Random Chess adalah varian catur yang diciptakan oleh Bobby Fischer, legenda catur asal Amerika Serikat dan mantan juara dunia. Pada dasanya, aturannya sama saja dengan standar permainan catur biasanya dengan beberapa improvisasi.

Bedanya, seperti dikutip dari Chess.com, Catur 960 adalah variasi catur saat posisi bidak catur selain pion ditempatkan secara acak dan tidak mengikuti pola susunan buah catur pada umumnya.

Maka konsekuensinya, pola bidak catur yang acak ini membuat pemain tak dapat berpegang pada teori pembukaan catur yang umum diterapkan dalam posisi catur konvensional. Dengan kata lain, hafalan pembukaan catur tidak begitu berguna, pemain harus mengandalkan kemampuan dan kreativitas mereka.

Terdapat beberapa ketentuan yang harus tetap dipatuhi walaupun acak. Misalnya bidak catur gajah/peluncur wajib berada dua kotak beda warna. Lalu, bidak catur raja harus berada di antara benteng. Dengan demikian, raja hanya bisa ditempatkan di antara kotak b1 dan g1 atau b8 dan g8 untuk hitam.

Selain itu, jalannya permainan catur Chess 960 dan selesainya sebuah pertandingan tetap sama dengan catur biasa yaitu skakmat atau checkmate, stalemate atau remis, dan jika waktu habis. Irene dan Gothamchess sempat mengomentari variasi permainan Catur 960.

"Memicu kreativitas. Tidak terlalu terpaku pada teori-teori pembukaan yang ada," ucap Irene.

Adapun Gothamchess bercerita saat dia sedang mengajar catur. Ia punya murid yang sangat hebat sehingga banyak murid lainnya yang tak mau menghadapi murid tersebut. Maka, ia memutuskan menggunakan varian Chess 960 supaya laga antar murid jadi susah ditebak dan tetap menarik.

Simak video 'KuTips: Trik Jago Main Catur Buat Pemula':

[Gambas:Video 20detik]



(fyk/fay)