Dewa Kipas Dikuliti Grand Master Catur Hikaru Nakamura

Dewa Kipas Dikuliti Grand Master Catur Hikaru Nakamura

Panji Saputro - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 17:43 WIB
Ini Peringkat Poin Dewa Kipas Menurut Grandmaster Catur Hikaru Nakamura
Grandmaster Catur Hikaru Nakamura (Foto: chess.com)
Jakarta -

Grand Master catur, Hikaru Nakamura, mengungkapkan penilaiannya terhadap Dewa Kipas berdasarkan hasil pertandingan persahabatan dengan Irene Sukandar berkisar di 1700 hingga 1800.

Melalui video di Channel Youtube-nya, Nakamura menganalisa pertandingan yang telah terjadi antara Dewa Kipas melawan GothamChess dan Irene Sukandar. Dia memiliki tebakannya sendiri terkait peringkat poin Dewa Kipas di dunia catur, bila mengesampingkan poin di Chess.com.

"Saya akan mengatakan bahwa ratingnya yakni 1700 hingga 1800. Rating 1700 adalah tebakan saya karena sepertinya dia adalah pemain yang sebelumnya bermain di atas papan catur," kata Nakamura, dilansir detikINET dalam video Youtube-nya, Senin (29/3/2021).

Langkah-langkah yang diambil oleh Dewa Kipas bukan seorang pecatur pemula. Nakamura menganggap bahwa dia sebelumnya pasti pernah bermain catur OTB (Over The Board).

Bahkan Nakamura sempat mengira kalau Irene Sukandar akan menang dengan mudah. Namun kenyataannya Dewa Kipas melakukan langkah-langkah yang cukup baik untuk membuat grandmaster wanita Indonesia tersebut kesulitan.

Sedangkan bila mengacu pada permainan Dewa Kipas vs GothamChess, dia mengaku terkejut dengan permainan tersebut. Dia menegaskan bahwa mungkin Magnus Carlson juga akan terkejut dengan permainan yang cukup sempurna ini. Namun menurutnya, dengan peningkatan yang terjadi pada akun Dewa Kipas dari 1400 hingga 2300 poin di Chess.com, itu bukan hal yang normal.

"Ternyata akun ini mengalami perubahan dari 1400 menjadi 2300 dalam satu bulan, di mana dia memperoleh hingga 900 poin. Hal ini tidak normal dan saya tidak pernah melihat itu terjadi sebelumnya," kata Nakamura.

"Poin 400 menjadi 1400 bisa terjadi, tapi seperti yang saya katakan, 1400 sampai 2300 tidak pernah terjadi," tambahnya.

Perihal tuduhan warganet terhadap Dewa Kipas yang menganggap dia menggunakan cheat atau tidak, Nakamura tidak bisa mengatakan apakah Dewa Kipas menggunakannya atau tidak. Dia juga berbicara bahwa dirinya tidak memiliki peran apapun terhadap peputusan Chess.com menutup akun Dewa Kipas. Jadi dia hanya menyerahkan keputusan penutupan akun kepada Chess.com



Simak Video "GothamChess Komentari Duel Catur Dewa Kipas Vs Irene Sukandar"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)