Moonton Dibeli TikTok, Nasib Mobile Legends Bagaimana?

Moonton Dibeli TikTok, Nasib Mobile Legends Bagaimana?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 14:35 WIB
Logo TikTok
Induk TikTok akuisisi Moonton, pengembang Mobile Legends. Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, dalam memo internal, CEO Moonton Yuan Jing mengatakan bahwa perusahaannya akan beroperasi secara independen dari ByteDance setelah akuisisi.

Moonton pengembang game Mobile Legends dikabarkan dibeli oleh TikTok. Lantas, apa pengaruhnya terhadap game populer tersebut?

Ternyata itu bukan sekadar kabar biasa. ByteDance selaku perusahaan induk TikTok memang akan mengakuisisi Moonton melalui unit usaha miliknya yang bergerak di bidang bisnis, Nuverse.

Sebelum ByteDance, disebut-sebut bahwa Tencent yang merupakan perusahaan video game besar di balik League of Legends, juga mengajukan tawaran. Akan tetapi, Moonton datang menyamai penawaran.

Nilai akuisisi Moonton oleh TikTok tidak disebutkan. Namun, menurut sumber yang berbicara kepada Reuters, angkanya diperkirakan mencapai kisaran USD 4 milliar atau sekitar Rp 57,4 triliun.

"Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang cepat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat perkembangan game Nuverse secara global," kata ByteDance.

Kembali ke topik awal, bakal seperti apa nasib game populer di Asia Tenggara Mobile Legends? Mobile Legends kemungkinan masih akan terus dikembangkan di waktu mendatang. Kendati demikian, rencana ByteDance terhadap game ini masih belum diketahui.

Pemain pun sebenarnya tidak perlu merasa risau tentang nasib Mobile Legends. Berada di tangan Nuverse, Mobile Legends sepertinya bakal berada di posisi yang baik dan kemungkinan sangat diandalkan. Sehingga, pengembangannya sendiri masih sangat terbuka luas.

Menurut data Hootshuite dan We Are Social yang dirilis beberapa waktu lalu, di Indonesia, Mobile Legends terus menduduki urutan pertama game mobile terpopuler berdasarkan jumlah pemain.



Simak Video "Induk TikTok Akuisisi Pembuat Mobile Legends, Gelontorkan Rp 57 T"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)