Qualcomm Mau Bikin Kloningan Nintendo Switch

Qualcomm Mau Bikin Kloningan Nintendo Switch

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 24 Mar 2021 11:32 WIB
Android 10 di Nintendo Switch
Foto: Dok. SwitchRoot
Jakarta -

Qualcomm merambah bisnis perangkat game dengan menggarap konsol genggam. Menariknya, penampilan konsol genggam ini akan mirip dengan Nintendo Switch.

Namun sejauh ini, belum ada gambar beredar tentang perangkat tersebut. Berdasarkan bocoran, konsol tersebut punya kontroler bergaya Joycon yang bisa dilepas di sisi kiri dan kanannya. Komponen ini kabarnya akan dibuat oleh pemasok kontroler premium.

Dikutip detikINET dari XDA Developer, Rabu (24/3/2021) konsol ini juga diprediksi mendukung output video, baterai 6.000 mAh, slot SD card, konektivitas 5G, dan dukungan Qualcomm QuickCharge.

Android 12 akan dibenamkan menjadi OS konsol ini dengan launcher yang disesuaikan untuk perangkat game, serta dukungan penuh aplikasi dan layanan Google.

Informasi lain menyebutkan, Qualcomm saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Epic Games untuk memasukkan game-game buatannya di konsol. Qualcomm bahkan berencana menyediakan akses cepat ke Fortnite dan game lain yang mungkin diterbitkan Epic Games di toko Android-nya.

Adapun target peluncuran saat ini adalah Q1 2022 dengan banderol USD 300 (sekitar Rp 4,3 jutaan). Ketika Qualcomm meluncurkan perangkat ini nantinya, perangkat serupa yang mencoba mengkloning Nintendo Switch akan mendapat saingan berat.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)