Nintendo Switch dengan Layar OLED 7 Inch Hadir Tahun Ini

Nintendo Switch dengan Layar OLED 7 Inch Hadir Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 11:51 WIB
Nintendo Switch, Ilustrasi Nintendo Switch, Switch
Nintendo Switch dengan Layar OLED 7 Inch Akan Hadir Tahun Ini Foto: dok. detikINET
Jakarta -

Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2017 lalu, Nintendo Switch generasi baru masih belum juga dikenalkan. Tapi sepertinya konsol hybrid ini akan segera memiliki penerus yang membawa sejumlah peningkatan.

Bloomberg melaporkan, Nintendo akan meluncurkan Switch terbaru tahun ini yang menggunakan panel OLED berukuran 7 inch. Nintendo menggaet Samsung Display untuk menyediakan panel ini dan proses produksi akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

Sumber Bloomberg mengatakan, Samsung Display awalnya akan memproduksi sekitar satu juta panel tiap bulannya. Panel ini akan dikirimkan untuk mulai dirakit sekitar bulan Juli.

Seperti diketahui, Nintendo Switch menggunakan panel LCD berukuran 6,2 inch dan resolusi 720p. Sedangkan Switch Lite memiliki layar LCD 5,5 inch dengan resolusi 720p.

Jika rangka Switch model baru tidak berubah, maka kemungkinan perangkat ini akan memiliki bezel yang lebih tipis untuk mengakomodasi layar yang lebih besar.

Nintendo disebut akan menggunakan panel OLED yang lebih kaku untuk Switch generasi baru. Panel ini lebih murah dan tidak begitu fleksibel jika dibandingkan dengan panel OLED yang digunakan di ponsel flagship.

"Panel OLED akan mengonsumsi lebih sedikit baterai, menawarkan kontras yang lebih tinggi dan mungkin waktu respons yang lebih cepat jika dibandingkan dengan LCD Switch saat ini," kata co-founder DSCC Yoshio Tamura, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (5/3/2021).

Switch generasi baru masih tetap mempertahankan resolusi layar 720p untuk mode handheld. Tapi sumber Bloomberg mengatakan konsol ini akan bisa menampilkan grafis 4K jika dihubungkan dengan TV.

Laporan Bloomberg tidak mengungkap tanggal peluncuran Switch generasi baru, tapi sumber mereka mengatakan konsol ini kemungkinan akan diluncurkan menjelang musim libur akhir tahun.



Simak Video "Among Us Mulai Menyelinap di Nintendo Switch"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)