Nintendo Switch Baru Bakal Pakai Teknologi Nvidia DLSS

Nintendo Switch Baru Bakal Pakai Teknologi Nvidia DLSS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 24 Mar 2021 09:27 WIB
Zelda: Breath of The Wild
Foto: (Nintendo Switch)
Jakarta -

Bocoran mengenai Nintendo Switch anyar kembali muncul. Setelah sebelumnya disebut bakal memakai panel OLED, kini Switch anyar disebut bakal pakai teknologi Deep Learning Super Sampling (DLSS).

Teknologi DLSS ini bakal hadir lewat system on a chip (SoC) baru buatan Nvidia, yang disebut bakal punya peningkatan dalam kinerja CPU dan GPU-nya. Lalu teknologi DLSS yang ada bakal berguna untuk menampilkan game yang dimainkan dengan resolusi mencapai 4K, yaitu ketika dimainkan di TV.

DLSS sendiri pertama diperkenalkan Nvidia lewat jajaran GPU RTX 2000 berbasis pada arsitektur Turing. DLSS memanfaatkan neural network untuk merekontruksi gambar di game ke resolusi yang lebih tinggi, secara real time.

Alhasil meski CPU dan GPU-nya hanya memproses game dalam resolusi yang rendah, misalnya 720p atau 1080p, dengan teknologi DLSS ini bisa ditampilkan dalam resolusi sampai 4K, tanpa ada penurunan frame rate yang berarti.

Teknologi DLSS sendiri bergantung pada core tensor yang ada di chip dan 'pelatihan' terhadap kecerdasan buatan pada game-game tertentu, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (24/3/2021).

Di atas kertas teknologi ini tampaknya sangat cocok untuk Switch, yang pada versi saat ini hanya me-render game dalam resolusi 720p, dan 1080p dalam mode docking. Tak aneh juga jika disebut Switch bakal membutuhkan chip baru dari Nvidia.

Pasalnya, Switch yang ada saat ini masih menggunakan Tegra X1, chip yang pertama dirilis pada 2015 sebelum akhirnya Nvidia menyetop produksi chip untuk perangkat mobile. Kesuksesan Switch sejauh ini seharusnya membuat Nvidia tergerak untuk membuat sebuah chip baru.

Sebelumnya, rumor yang beredar menyebut Switch baru bakal menggunakan panel OLED, yang kabarnya dipasok oleh Samsung. Panel tersebut berukuran 7 inch, bertipe rigid OLED, dan punya resolusi 720p.

Panelnya mulai diproduksi massal pada Juni mendatang, dan Switchnya sendiri diharapkan mulai dijual pada musim liburan akhir tahun 2021.

Switch yang ada saat ini menggunakan panel LCD, yaitu 6,2 inch untuk Switch dan 5,5 inch untuk Switch Lite. Keduanya dengan resolusi 720p.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)