Legend of Zelda: BOTW Tampil Mewah di Resolusi 8K dan Ray Tracing

Legend of Zelda: BOTW Tampil Mewah di Resolusi 8K dan Ray Tracing

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 19 Mar 2021 22:11 WIB
Game The Legend of Zelda Breath of The Wild
Foto: (The Legend of Zelda via Nintendo/RRQ)
Jakarta -

Legend of Zelda: Breath of the Wild (BOTW) adalah salah satu game dengan grafis paling memukau di Nintendo Switch.

Status tersebut masih layak disematkan hingga saat ini, empat tahun setelah game tersebut dirilis. Namun, ternyata BOTW masih punya banyak potensi tersembunyi, utamanya dari segi grafis.

Sebabnya kemampuan pengolahan grafis di Switch memang terbatas. Ketika BOTW dijalankan di sistem yang lebih mumpuni, terlihat peningkatan grafisnya yang sangat signifikan. Mewah!

Digital Dreams, sebuah kanal YouTube, baru-baru ini memposting sebuah video yang menunjukkan BOTW dimainkan di resolusi 8K lengkap dengan fitur ray tracing yang diaktifkan. Lho, kok bisa?

Rupanya Digital Dreams memainkan BOTW versi Wii U lewat sebuah emulator bernama Cemu, yang dipakai untuk memainkan game Wii U di PC, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (19/3/2021).

Beberapa opsi yang diaktifkan di emulator tersebut adalah shader ray trace global illumintation (RTGI) yang dibuat oleh Pascal Glicher, juga REVO Reshade Redux mod, yang juga berfungsi untuk menghilangkan kontras dan saturasi yang terlalu kasar.

Sudah bisa ditebak, tentu PC yang dipakai ini mempunyai spesifikasi monster. Karena menjalankan game lewat emulator tentunya membutuhkan kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi ketimbang menjalankan game secara native.

PC yang dipakai ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 3900X, GPU RTX 3090, dan RAM 32GB. Di bawah ini adalah video BOTW yang dimainkan di resolusi 8K tersebut, di mana Link terlihat sedang menjelajahi Korok Forest, yang terkenal sebagai area yang paling berat dari segi grafis di game tersebut.

[Gambas:Youtube]



(asj/fay)