Gothamchess Blok Video YouTube untuk Netizen Indonesia

Gothamchess Blok Video YouTube untuk Netizen Indonesia

Muhammad Hadi Panji Saputro - detikInet
Senin, 08 Mar 2021 16:13 WIB
Dadang Subur Alias Dewa_Kipas Jago Catur Chess.com mengalahkan master catur GothamChess
Dadang Subur alias Dewa Kipas dan GothamChess (detikcom)
Jakarta -

GothamChess, master catur internasional yang baru-baru ini telah viral karena dikalahkan oleh Dadang Subur alias Dewa Kipas, pecatur Indonesia di adu catur online, kemungkinan telah memblokir video di channel Youtube untuk warganet Indonesia.

Setelah kejadian viral tersebut, mendadak semua akun media sosial termasuk Youtube GothamChess di-protected. Bila detikers mengunjungi channel Youtube-nya, kalian tidak dapat mengakses video-video miliknya.

YouTube GothamChessYouTube GothamChess Foto: YouTube GothamChess

Seperti dicek detikINET, Senin (8/3/2021) akan muncul keterangan "This channel has no video", yang berarti tidak ada video di channel tersebut. Namun bila mencarinya dengan cara biasa, kalian akan menemukan video-video milikGothamChess, namun tidak bisa diakses dengan keterangan, "This video is not available".

Akun Twitter dan Instagram miliknya pun telah di-protected. Maka selain followers, tidak akan mengetahui tweet atau postingan dari GothamChess.

Masih belum diketahui apa alasan dirinya melakukan ini. Namun yang pasti, hal ini terjadi setelah dirinya viral di Internet terkait pertandingan catur dengan Dadang Subur sebagai Dewa_Kipas di adu catur online, chess.com.

Pertandingan dari kedua pecatur ini sempat viral dikarenakan hilangnya akun Dadang Subur dengan nickname Dewa_Kipas setelah berhasil mengalahkan GothamChess alias Levy Rozman.

Hal ini disebabkan akun Dewa_Kipas mendapatkan hukuman banned dari pihak chess.com, diduga setelah terjadi tindak pelaporan dari penggemar GothamChess yang menganggap Dewa_Kipas melakukan kecurangan.

Hal ini pula yang memancing emosi warganet di Indonesia. Mereka berbondong-bondong melampiaskannya dengan memberikan komentar di media sosial, termasuk email GothamChess.

Padahal menurut Ali Akbar, putra dari Dadang Subur, bahwa mereka sudah berdamai dengan GothamChess. Dirinya juga menyampaikan agar netizen Indonesia tetap tenang.

"Iya semua masalah sudah selesai, yang sulit itu mencoba menertibkan netizen yang menyerang akun GothamChess. Dia bilang dapat banyak ancaman baik di media sosial ataupun email. Untuk rematch, kami tidak ada rencana melakukannya," ujar Ali baru-baru ini kepada detikINET.



Simak Video "Dewa Kipas Kalah, GothamChess Buka Akses YouTube bagi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)