Menguak GothamChess, Master Catur Dunia yang Dikalahkan Pecatur RI

Menguak GothamChess, Master Catur Dunia yang Dikalahkan Pecatur RI

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 18:07 WIB
Dadang Subur Alias Dewa_Kipas Jago Catur Chess.com mengalahkan master catur GothamChess
Dadang Subur alias Dewa_Kipas dan Levy Rozman alias GothamChess. Foto: (detikcom)
Jakarta -

Dadang Subur dengan akun Dewa_Kipas, sudah berdamai dengan Levy Rozman yang dikenal dengan nama GothamChess, usai adu catur online yang viral. Siapakah dia sebenarnya?

Usai adu catur online yang kontroversial di Chess.com, banyak netizen Indonesia penasaran dengan GothamChess. Usai mengalahkan GothamChess, Dadang Subur malah di-banned dengan tuduhan melakukan kecurangan.

Dadang yang diwakili anaknya Ali Akbar sudah bermediasi dan berdamai dengan Levy. Bagaimana sosoknya, simak penjelasan berikut ini:

GothamChess merupakan nama akun dari Levy Rozman, seorang master catur internasional yang berasal dari New York City, AS. Ia merupakan influencer yang menyediakan konten bermain catur di akun Youtube dan Twitch pribadinya, dikutip detikINET dari Youtube GothamChess, Kamis (4/3/2021).

Di akun Youtube miliknya, Rozman membagikan tips bermain catur mulai dari pembukaan, meningkatkan peringkat, taktik bermain dan rekap turnamen besar. Dirinya juga melakukan streaming bermain catur setiap hari di akun Twitch GothamChess.

Pria berusia 25 tahun ini merupakan seorang master catur sekaligus pelatih dan sudah banyak memenangkan kejuaran kota dan negara bagian. Rozman mulai bermain catur sejak usia 6 tahun sebagai kegiatannya setelah pulang sekolah.

Dengan kemampuannya, ia bisa meningkatkan dengan cepat pangkat skolastik dan mendapat gelar master nasional USChess pada 2011 saat usianya 16 tahun. Dia mencapai peringkat USChess puncaknya sebesar 2520 dan peringkat FIDE 2420 pada 2018. Memegang gelar master internasional, ia telah mengalahkan banyak pemain kuat termasuk GM legendaris Peter Svilder dalam salah satu acara di chees.com.

Sebagai seorang influener, ia memiliki jumlah subscriber Youtube yang cukup banyak yakni 695.000 dan jumlah pengikut sebanyak 346.000 di Twitch. Saat ini Levy Rozman memiliki ELO 2.343 dan menduduki peringkat 178 dunia di chess.com.

Sedikit informasi, ELO Rating System adalah metode yang digunakan untuk mengukur kemampuan seorang pemain catur. Semakin besar ELO yang dimiliki, maka menandakan pemain tersebut memiliki keterampilan bermain catur yang sangat baik atau bisa dikatakan sebagai Grandmaster, dilansir detikINET dari chess.com.

Usai Dadan di-banned oleh Chess.com, akun GothamChess diserbu netizen Indonesia. Ali Akbar mengingatkan kepada warganet Indonesia untuk berhenti menyerang dan mem-bully Levy Rozman (GothamChess). Kedua pihak sudah menghapus postingan masing-masing yang sempat memicu perdebatan para netizen di Indonesia dan luar negeri.

"Untuk para warganet Indonesia, tolong berhenti menyerang dan mem-bully Levy (GothamChess). Masalah kami sudah selesai dengan damai. Tidak ada dendam apapun," ujar Ali melalui detikINET.



Simak Video "KuTips: Trik Jago Main Catur Buat Pemula"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)