Microsoft Pernah Mau Beli Nintendo Tapi Ditolak

Microsoft Pernah Mau Beli Nintendo Tapi Ditolak

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 08 Jan 2021 11:40 WIB
NEW YORK, NY - JULY 11: A man plays Pokemon Go on his smartphone outside of Nintendos flagship store, July 11, 2016 in New York City.  The success of Nintendos new smartphone game, Pokemon Go, has sent shares of Nintendo soaring. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Microsoft Pernah Mau Beli Nintendo Tapi Ditolak. Foto: GettyImages
Jakarta -

Di dunia konsol ada tiga pemain utama yang bersaing satu sama lain: Microsoft, Sony, dan Nintendo. Ternyata sekitar dua dekade lalu Microsoft pernah berusaha mengurangi jumlah pesaing dengan mencoba mengakuisisi Nintendo.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (8/1/2020) ini terjadi pada tahun 2001 menjelang peluncuran Xbox. Kisah yang tidak banyak diketahui publik ini diceritakan oleh Kevin Bachus, mantan direktur kerja sama pihak ketiga Microsoft.

Menurut Bachus, Steve Ballmer selaku CEO Microsoft saat itu meminta timnya pergi menemui Nintendo dan bertanya apakah mereka tertarik untuk kemungkinan diakuisisi oleh Microsoft. Namun kemudian dikatakan Bachus, pertemuan ini berakhir kurang menyenangkan karena mereka ditertawakan.

"Ballmer meminta kami menemui Nintendo untuk melihat apakah mereka mempertimbangkan untuk diakuisisi. Mereka hanya tertawa lepas. Bayangkan, satu jam seseorang hanya menertawakan Anda. Kira-kira begitulah pertemuan itu," kenang Bachus.

Sepertinya memang tidak terlalu mengejutkan jika Nintendo menolak Microsoft. Sebabnya, saat itu Nintendo sudah menjadi perusahaan game besar yang sangat sukses dan merasa tidak perlu bantuan Microsoft.

Namun menarik membayangkan jika akuisisi itu benar terjadi. Jika waktu itu Nintendo menerima tawaran Microsoft, saat ini hanya ada Microsoft dan Sony di persaingan konsol, dan konsol Xbox perpaduan ide serta teknologi Nintendo mungkin akan lebih garang melawan PlayStation Sony.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)