Sudah Damai, Game Tencent Kembali ke Toko Aplikasi Huawei

Sudah Damai, Game Tencent Kembali ke Toko Aplikasi Huawei

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 04 Jan 2021 20:12 WIB
Huawei AppGallery
Foto: Dok. Huawei
Jakarta -

Setelah sempat berselisih dan semua gamenya dihapus dari toko aplikasi Huawei, kini game dari Tencent seperti Arena of Valor kembali hadir di toko aplikasi tersebut.

Perselisihan yang dimaksud adalah skema pembagian pemasukan yang baru ditetapkan oleh Huawei. Dalam skema tersebut, Huawei ngotot untuk memotong 50% dari penjualan game Tencent di toko aplikasi mereka.

Namun Tencent menolak skema baru tersebut, dan karena keduanya tak kunjung mencapai kata sepakat, game Tencent pun akhirnya dihapus dari toko aplikasi Huawei, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Senin (4/1/2021).

Tencent dan Huawei sama-sama 'raksasa' di China. Tencent punya sejumlah game online paling populer di dunia, sementara Huawei punya market share besar di China, yaitu 41,4%, dan 14,9% secara global.

Namun kini keduanya sudah berdamai dan sepakat, dan berbagai game Tencent pun kini hadir kembali di toko aplikasi Huawei.

"Kedua pihak akan melanjutkan bekerja bersama untuk memberikan pengalaman dan layanan terbaik untuk para konsumen," tulis Tencent dalam pernyataannya.

Skema pemotongan pemasukan yang diterapkan Huawei ini juga ditolak oleh sejumlah developer. Salah satunya adalah miHoYo, pembuat Genshin Impact, yang memutuskan untuk tak memasukkan game andalannya itu ke toko aplikasi Huawei.

Sebelumnya, puluhan ribu aplikasi dan game juga dihapus dari App Store untuk iOS. Tepatnya 39 ribu game yang tak mempunyai International Standard Book Number (ISBN), yang diwajibkan oleh pemerintah China.

Banyak juga judul game barat menjadi korban aksi 'pembersihan' ini, termasuk Assassin's Creed Identity dan NBA 2K20, sehingga hanya menyisakan 74 dari semula ada 1.500 game berbayar terpopuler. Seperti biasa dalam kasus seperti ini, para pengguna yang akhirnya menderita dan dirugikan.



Simak Video "Deretan Game Tencent Balik Lagi di Huawei Apps Store"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)