Huawei Hapus Arena of Valor dan Semua Game Tencent, Kenapa?

Huawei Hapus Arena of Valor dan Semua Game Tencent, Kenapa?

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 04 Jan 2021 09:45 WIB
Arena of Valor
Huawei Hapus Arena of Valor dan Semua Game Tencent, Kenapa? Foto: Istimewa
Jakarta -

Huawei telah menarik semua game Tencent seperti Arena of Valor dari toko aplikasinya di China. Langkah ini dilakukan karena "perubahan besar" yang dibuat Tencent dalam cara perusahaan bekerja sama.

Saat ini, Huawei mendominasi pasar ponsel China dengan menyumbang 43% dari pengiriman smartphone di kuartal lalu. Sementara Tencent, adalah pemilik perusahaan di balik sejumlah game populer seperti League of Legends dan Clash of Clans, sembari menjalankan game versi lokal seperti PUBG dan Monster Hunter: World.

Dengan demikian, seperti dikutip dari Engadget, perselisihan ini dapat berdampak pada banyak gamer mobile di China. Karenanya, Huawei mengatakan, divisi hukum perusahaannya merekomendasikan keputusan tersebut karena Tencent meminta untuk menghentikan kerja sama.

Tencent, sementara itu, mengatakan kesepakatan di antara kedua perusahaan sudah habis dan belum memperbaruinya. Namun pada akhirnya, yang terjadi kini adalah semua judul game Tencent menghilang dari toko aplikasi Huawei China pada 1 Januari 2021.

Malang bagi gamer mobile di China, mereka harus mengalami sejumlah game menghilang baru-baru ini karena berbagai alasan. Misalnya, Apple baru saja menarik 39.000 game di App Store-nya karena mereka tidak memiliki International Standard Book Number (ISBN) dari pemerintah China.

Banyak juga judul game barat menjadi korban aksi "pembersihan" ini, termasuk Assassin's Creed Identity dan NBA 2K20, sehingga hanya menyisakan 74 dari semula ada 1.500 game berbayar terpopuler. Seperti biasa dalam kasus seperti ini, para pengguna yang akhirnya menderita dan dirugikan.

"Kami sedang berkomunikasi dan bernegosiasi dengan platform game mobile Huawei untuk mencari solusi, dan berharap dapat melanjutkan layanan kami secepat mungkin," kata Tencent dalam pernyataan mereka.



Simak Video "Selamat Ulang Tahun Arena of Valor (AoV)!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)