Pesan PS5 Malah Dapat Beton, Pria Ini Lapor Polisi

Pesan PS5 Malah Dapat Beton, Pria Ini Lapor Polisi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 10 Des 2020 17:08 WIB
PS5
Pesan PS5 Malah Dapat Beton, Pria Ini Lapor Polisi Foto: YouTube
Jakarta -

Seorang pria di Utah, Amerika Serikat memesan PlayStation 5 dari eBay tapi begitu paketnya diterima malah berisi beton. Merasa telah ditipu, ia langsung melaporkan insiden tersebut ke polisi.

Pria yang malang tersebut membeli PS5 idamannya dengan harga USD 878, hampir dua kali lipat dari harga standar PS5 di AS sebesar USD 499. Paket yang diterimanya datang dengan kemasan asli PS5, tapi begitu dibuka isinya telah diganti dengan beton.

Saat melaporkan kejadian tersebut ke Orem Police Department, polisi menyarankan pria tersebut untuk menghubungi eBay untuk meminta dananya dikembalikan lewat sistem perlindungan pembeli dan penjual.

Kepolisan Orem menutup laporannya dengan mengimbau publik untuk tidak membeli barang dari penjual di eBay yang tidak memiliki feedback positif.

Pekan lalu, eBay mengeluarkan peringatan untuk penipu yang berpura-pura menjual PS5. Peringatan ini juga berlaku untuk mereka yang menjual foto PS5 atau kertas bertuliskan 'PS5'.

"Kami mengutuk penjual oportunistis yang mencoba menyesatkan pengguna lain," kata eBay dalam keterangan resminya, seperti dikutip detikINET dari Eurogamer, Kamis (10/12/2020).

"Kami sedang dalam proses menghapus semua listing untuk foto PS5 dari marketplace kami dan akan mengambil tindakan yang sesuai terhadap penjual," sambungnya.

eBay menyarankan pengguna yang ingin membeli barang mahal atau barang yang banyak dicari untuk berhati-hati dan membaca deskripsi produk dengan seksama.

Pengguna yang menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanannya bisa mendapatkan refund lewat eBay Money Back Guarantee, asalkan semua transaksi diselesaikan di platform eBay.

Terbatasnya persediaan PS5 memang membuat orang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan kesempatan ini. Mulai dari calo yang memborong stok PS5 dan menjualnya kembali dengan harga jauh lebih tinggi, sampai penipu yang berkeliaran di platform marketplace seperti eBay.

Ini bukan pertama kalinya seseorang yang memesan PS5 justru menerima barang aneh yang tidak sesuai pesanannya. Seperti kasus di Inggris di mana sejumlah orang yang membeli konsol terbaru ini lewat Amazon justru menerima beras, makanan kucing hingga penanak nasi dalam paketnya.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)