Ini Dia Ragam Genre Games yang Dipertandingkan dalam Esports

Ini Dia Ragam Genre Games yang Dipertandingkan dalam Esports

ADVERTISEMENT

Ini Dia Ragam Genre Games yang Dipertandingkan dalam Esports

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Rabu, 09 Des 2020 21:32 WIB
PUBG Mobile
Foto: (PUBG Mobile/RRQ)
Jakarta -

Esports di Indonesia memang identik dengan game Mobile Legends Bang Bang, Free Fire, serta PUBG Mobile. Kepopuleran ketiga game ini di Indonesia menciptakan basis penggemar yang cukup besar yang tak ingin ketinggalan update turnamennya. Di sisi lain, sebenarnya esports benar-benar berada di dunia yang lebih luas. Ada puluhan hingga ratusan game yang dipertandingkan dengan nilai hadiah yang beragam.

Untuk menambah pengetahuan kalian tentang esports, simak di sini beragam genre games yang dipertandingkan dalam esports.

Strategy

Game strategy adalah game yang mengharuskan pemainnya mengambil keputusan sepanjang game berjalan dan keputusan ini akan menentukan hasil game-nya. Pemain dalam game strategy harus memiliki daya analisis yang tajam dan kesadaran situasional yang tinggi. Dengan kata lain, pemain harus mampu membaca situasi dan bergerak secara fleksibel mengikuti keadaan.

Nah, game strategy pun kini cukup banyak dipertandingkan dalam esports. Bahkan, game seperti Among Us pun memiliki turnamennya sendiri dan hadiahnya mencapai ribuan dolar. Game strategy yang cukup populer dipertandingkan di antaranya adalah Clash Royale, Clash of Clans, StarCraft: Brood War, dan WarCraft III.

[Gambas:Youtube]



First-Person Shooter (FPS)

Game First-Person Shooter (FPS) adalah salah satu genre game paling populer di kalangan gamers, khususnya PC gamers. Genre game ini memberikan pengalaman pertempuran dengan senjata dari sudut pandang orang pertama. Dengan kata lain, kalian adalah tokoh utama dalam game tembak-tembakan ini. Game FPS yang banyak dipertandingkan adalah Call of Duty, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Doom, Overwatch, dan Valorant. Bahkan, CS: GO termasuk salah satu turnamen esports dengan nilai hadiah yang besar.

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Mobile LegendsMobile Legends Foto: (MPL Indonesia Season 6/RRQ)

Kepopuleran game MOBA di Indonesia saat ini memang sedang meningkat. Hal ini menyusul semakin besarnya komunitas penggemar game Mobile Legends yang menjadi salah satu game terpopuler di Indonesia. Bahkan, MPL Indonesia Season 6 menjadi turnamen dengan penonton terbanyak di dunia dengan peak view mencapai lebih dari 2 juta penonton online.

Game MOBA ini merupakan bagian dari strategy game karena setiap pemain berkontribusi dalam membentuk keseluruhan strategi tim. Bedanya, di game MOBA ini, pemain bisa mengontrol satu karakter dengan kemampuan khusus yang bisa meningkat selama pertandingan berlangsung, tergantung strategi dan build yang dilakukan. Cara memenangkan game MOBA sebenarnya cukup sederhana, hanya perlu menghancurkan 'menara' lawan. Namun, untuk bisa melakukan itu, pemain dan tim harus menerapkan strategi yang matang.

Game MOBA paling populer tentu adalah DotA 2 yang turnamennya merupakan salah satu turnamen dengan nilai hadiah terbesar di dunia. Disusul oleh League of Legends, Arena of Valor, dan kini yang sedang naik daun di Indonesia adalah Mobile Legends Bang Bang.

Halaman selanjutnya: RPG sampai sports...



Simak Video "RRQ Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak Sepanjang MPL ID Season 6"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT