PS5 Jadi Barang Langka, Sony Janjikan Lebih Banyak Stok

PS5 Jadi Barang Langka, Sony Janjikan Lebih Banyak Stok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 26 Nov 2020 14:40 WIB
PS5
PS5 Jadi Barang Langka, Sony Janjikan Lebih Banyak Stok Foto: istimewa
Jakarta -

PlayStation 5 menjadi barang langka dan habis terjual di mana-mana sejak diluncurkan Sony pada awal bulan ini. Tapi Sony berjanji akan menyediakan lebih banyak stok PS5 sebelum akhir tahun ini.

"Kami ingin berterima kasih kepada para gamer di mana saja karena telah membuat peluncuran PS5 sebagai peluncuran konsol terbesar kami," kata Sony lewat akun Twitter PlayStation, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (26/11/2020).

"Permintaan untuk PS5 tidak pernah kami perkirakan sebelumnya, jadi kami ingin memastikan bahwa lebih banyak inventaris PS5 akan hadir di peritel sebelum akhir tahun - harap tetap berhubungan dengan peritel lokal kalian," sambungnya.

Sony tidak menjabarkan berapa jumlah unit PS5 yang terjual, jadi tidak bisa diketahui apa yang mereka maksud dengan 'peluncuran terbesar'. Raksasa teknologi Jepang ini juga tidak menjelaskan berapa banyak stok yang akan diterima peritel sebelum tahun 2020 berakhir.

CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan belum lama ini mengatakan PS5 sudah habis terjual dan stok yang tersedia akan terbatas sampai waktu yang belum ditentukan.

Karena penjualan PS5 yang hanya dibuka secara online, gamer pun harus bersaing dengan para calo yang menggunakan bot untuk memborong PS5 agar bisa dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Bot ini tidak hanya bisa melakukan pembelian lebih cepat karena bisa melewati antrean dan waktu tunggu, tapi juga memonitor situs peritel yang menyetok kembali PS5. Seperti kasus kelompok calo di Inggris yang memborong hampir 3.500 unit PS5.

Terbatasnya ketersediaan PS5 juga kemungkinan disebabkan karena konsol generasi baru ini sulit diproduksi. Tapi Sony tidak pernah menjelaskan berapa jumlah unit yang mereka siapkan untuk diluncurkan sebelum tahun 2021.

Sony bukan satu-satunya produsen konsol yang kesulitan memenuhi permintaan konsol generasi terbarunya. Microsoft yang belum lama ini meluncurkan Xbox Series X dan S mengatakan kedua konsol tersebut akan mengalami keterbatasan stok sampai musim semi tahun depan.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)