SSD PS5 Kalah Cepat Ketimbang Xbox Series X

SSD PS5 Kalah Cepat Ketimbang Xbox Series X

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 09 Nov 2020 19:49 WIB
Xbox Series X vs PS5
SSD PS5 Kalah Cepat Ketimbang Xbox Series X (Foto: Tom's Guide)
Jakarta -

Salah satu inovasi baru yang dibawa PlayStation 5 dan Xbox Series X adalah Solid State Drive (SSD) NVMe. Dengan teknologi penyimpanan ini, waktu loading game dijamin lebih kencang dibandingkan konsol generasi sebelumnya.

SSD tidak hanya meningkatkan waktu loading game-game terbaru, tapi juga game lawas yang tersedia lewat backwards compatibility. Karena review PS5 dan Xbox Series X sudah keluar, GameSpot pun membandingkan kecepatan loading game generasi sebelumnya di konsol terbaru ini.

Dikutip detikINET dari Essentially Sports, Senin (9/11/2020) rupanya kecepatan SSD PS5 saat memuat game kalah telak dibandingkan Xbox Series X.

Contohnya game Final Fantasy XV. Xbox Series X membutuhkan waktu 48 detik untuk memuat game ini, sedangkan PS5 membutuhkan 1 menit dan 10 detik. Perbandingan lebih lengkapnya bisa dilihat di cuitan di bawah ini.

Padahal Lead System Architect PS5 Mark Cerny sebelumnya pernah mengatakan bahwa SSD custom yang digunakan PS5 dirancang untuk mengoptimalkan waktu loading yang kilat. Ia juga mengklaim bahwa SSD PS5 yang super kencang lebih cepat daripada Xbox Series X.

Perlu diketahui juga bahwa spesifikasi Xbox Series X di atas kertas memang lebih baik ketimbang PS5. Xbox Series X juga memiliki CPU dan GPU yang lebih baik dari PS5.

Tapi hasil perbandingan ini tidak memperhitungkan beberapa faktor. SSD custom PS5 dirancang untuk mengoptimalkan game generasi baru. Berdasarkan beberapa bocoran, PS5 bisa memuat game eksklusif seperti Spider Man: Miles Morales dengan lebih cepat karena kustomisasi ini.

Karena game-game yang dijadikan perbandingan di atas adalah game lawas tanpa patch 'next gen optimization', maka tidak bisa menjadi indikator terbaik performa PS5.

Tapi hal yang sama juga berlaku untuk Xbox Series X. Game-game di atas juga belum dioptimasi untuk konsol generasi terbaru Microsoft, tapi masih tetap bisa mengalahkan PS5.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)