Gamer Terkaya di Dunia Bisa Raup Rp 199 Miliar dalam Setahun

Gamer Terkaya di Dunia Bisa Raup Rp 199 Miliar dalam Setahun

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 07 Nov 2020 12:08 WIB
SAN JOSE, CA - OCTOBER 27: Tyler
Gamer Terkaya di Dunia Bisa Raup Rp 199 Miliar dalam Setahun Foto: Robert Reiners/Getty Images
Jakarta -

Atlet eSport Winda Lunardi sedang menjadi perhatian karena menjadi korban dugaan tindak penggelapan uang sebesar Rp 20 miliar. Tidak mengherankan jika atlet eSport bisa memiliki uang sebanyak ini, apalagi jika melihat penghasilan gamer mancanegara yang jumlahnya fantastis.

Tengok saja gamer asal Amerika Serikat Tyler 'Ninja' Blevins. Ia didapuk sebagai gamer berpenghasilan terbesar di dunia setelah meraup USD 14 juta atau sekitar Rp 199 miliar di tahun 2019.

Tapi, perlu jadi perhatian, pundi-pundi tersebut tidak dikumpulkan Ninja dengan memenangkan turnamen eSport. Menurut data Forbes, Ninja hanya meraup kurang dari USD 100 ribu dari turnamen eSport.

Pria berusia 29 tahun ini bahkan tidak berpartisipasi di turnamen Fortnite World Cup pertama yang berlangsung di New York, AS pada Juli 2019 lalu. Padahal turnamen tersebut menawarkan hadiah sebesar USD 3 juta yang akhirnya dimenangkan oleh Kyle 'Bugha' Giersdorf.

Turnamen eSport memang bukan sumber pendapatan terbesar Ninja. Ia mengandalkan jumlah pengikutnya yang besar di berbagai platform serta endorsement untuk meraup pundi-pundinya.

Ninja yang sebelumnya dikenal sebagai gamer dan streamer di Twitch bahkan sempat dibajak oleh pesaingnya Mixer. Tidak diketahui berapa biaya yang dikeluarkan Microsoft untuk membajak Ninja, tapi diperkirakan kontrak tersebut besarannya antara USD 20-30 juta.

Tapi, begitu Microsoft menutup layanan Mixer, Ninja kembali lagi ke Twitch di mana saat ini ia memiliki 16,1 juta followers. Ninja juga tidak melulu memainkan Fortnite di stream-nya, ia juga sering memainkan Among Us, Valorant, Dead by Daylight dan lain-lain.

Selain itu, wajah Ninja juga muncul di iklan dan program televisi. Ia berhasil mendapatkan endorsement dari Red Bull. Setahun terakhir ia tampil di acara talkshow seperti The Tonight Show with Jimmy Fallon, The Daily Show with Trevor Noah, dan menjadi salah satu bintang tamu di The Masked Singer.

Pria yang sering tampil dengan gaya rambut nyentrik ini juga memiliki merchandise-nya sendiri. Mulai dari novel grafis hingga headband-nya yang ikonik bisa dibeli di supermarket AS.

Selain Ninja, daftar 10 besar gamer dengan pendapatan tertinggi di 2019 versi Forbes juga dipenuhi oleh streamer. Sebut saja Felix Kjellberg alias PewDiePie yang ada di peringkat dua dengan pendapatan sebesar USD 15 juta, dan Mark 'Markiplier' Fischbach di peringkat empat yang meraup USD 14 juta.

Secara total, 10 gamer yang masuk dalam daftar ini meraup USD 121 juta pada tahun lalu dan memiliki 270 juta follower di YouTube, Twitch dan Mixer. Tidak ada satu pun dari mereka yang berhasil masuk dalam daftar ini setelah berhasil menjuarai turnamen eSport.

Berikut daftar lengkap 10 gamer dengan pendapatan tertinggi di 2019 versi Forbes:

1. Tyler 'Ninja' Blevins: USD 17 juta
2. Felix 'PewDiePie' Kjellberg: USD 15 juta
3. Preston Arsement: USD 14 juta
4. Mark 'Markiplier' Fischbach: USD 14 juta
5. Michael 'Shroud' Grzesiek: USD 12,5 juta
6. Daniel 'DanTDM' Middleton: USD 12 juta
7. Evan 'VanossGaming' Fong: USD 11,5 juta
8. Sean 'Jacksepticeye' McLoughlin: USD 11 juta
9. Timothy 'TimTheTatman' Betar: USD 8 juta
10. Nick 'Nickmercs' Kolcheff: USD 6 juta



Simak Video "Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Spesifikasi Redmi Note 9"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)