Duit Winda Rp 20 M Ditilap, Berapa Penghasilan Atlet eSports Top?

Duit Winda Rp 20 M Ditilap, Berapa Penghasilan Atlet eSports Top?

Tim - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 15:48 WIB
Ilustrasi Turnamen Esport
Turnamen eSports. Foto: Istimewa
Jakarta -

Atlet eSports Winda Lunardi menjadi korban penggelapan uang dan kehilangan tabungan di bank Rp 20 miliar. Menjadi atlet eSports, jika ditekuni dengan serius, bisa menghasilkan pundi-pundi penghasilan yang tidak sedikit. Bahkan potensi pendapatan dari hasil mengikuti turnamen ataupun mungkin dari sponsor, bisa tembus miliaran rupiah.

Industri eSports memang makin berkembang, termasuk di Indonesia. "Industri ini memiliki karir yang bagus, karena mampu mendatangkan penghasilan yang cukup besar. dan patut didukung oleh seluruh kalangan," kata Gaga Li, Head of PUBG Mobile Esports untuk Asia Tenggara beberapa waktu yang lalu.

Tengok misalnya raihan tim EVOS Esports. Pada akhir 2019, EVOS Esports memenangkan kompetisi Mobile Legends M1 World Championship 2019 yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia dan meraih hadiah Rp 1,1 miliar!

Dari sisi pemain sendiri, beberapa atlet telah membukukan pendapatan sangat besar. Dari data yang dikompilasi situs esportsearning, diestimasi berapa penghasilan total yang didapat oleh para atlet eSports top di dunia termasuk di Indonesia.

Berada di peringkat pertama ada nama Hansel Ferdinand yang diperkirakan telah meraup USD 168 ribu atau di kisaran Rp 2,3 miliar. Di posisi nomor dua adalah Made Bagus Prabaswara dengan raihan di kisaran USD 83 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Di posisi 100 besar, pendapatan paling akhir atlet eSports Indonesia adalah USD 4.000 atau sekitar Rp 56 juta. Karena daftarnya mencapai 500, ranking paling buncit penghasilannya kecil yaitu diestimasi USD 142, di kisaran Rp 2 juta.

Itu di Indonesia, pendapatan atlet eSports mancanegara lebih besar lagi. Tahun silam, remaja bernama Kyle Giersdorf memecahkan rekor sebagai atlet eSport individual yang meraih hadiah terbanyak dalam turnamen dunia game Fortnite.

Tak tanggung-tanggung, ia meraup hadiah USD 3 juta atau di kisaran Rp 42 miliar. Namun masih ada yang lebih gila lagi. Gamer dengan pendapatan terbesar di tahun 2019 adalah Tyler 'Ninja' Blevins, gamer Fortnite yang berhasil meraup USD 14 juta atau di kisaran Rp 192 Miliar di tahun 2019.

Turnamen eSports memang bukan sumber pendapatan terbesar Ninja. Sebagai atlet eSports, ia mengandalkan jumlah pengikutnya yang besar di berbagai platform serta endorsement untuk meraup pundi-pundinya.



Simak Video "Uang Tabungan Nasabah Rp 20 Miliar Raib Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)