Kisah RRQ Pecah Rekor Penonton Sepanjang MPL ID Season 6

Kisah RRQ Pecah Rekor Penonton Sepanjang MPL ID Season 6

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 21:35 WIB
Jakarta -

Turnamen Mobile Legends Bang Bang Professional League Indonesia Season 6 (MPL ID Season 6) membawa kenangan pecah rekor penonton. Ini saat RRQ Hoshi jadi juaranya.

MPL ID Season 6 memang telah berakhir pada 18 Oktober 2020 lalu. RRQ Hoshi keluar sebagai juara MPL ID Season 6, menghadirkan pertandingan yang menegangkan dan penuh kejutan.

Bahkan, berbagai rekor juga dipecahkan sepanjang MPL ID Season 6. Nah, salah satunya adalah rekor dalam jumlah penonton terbanyak dalam pertandingan sepanjang MPL ID Season 6.

Menariknya, di 5 posisi teratas, Team RRQ mendominasi dengan jumlah penonton yang selalu melampaui angka 1 juta. Berdasarkan data yang dilansir oleh Esports Charts, pertandingan Team RRQ melawan tim-tim lain, baik di Regular Season maupun di babak Playoffs, selalu dibanjiri penonton.

Pada September 2020 saja, pertandingan antara Team RRQ melawan Onic Esports menjadi turnamen esports terpopuler kedua di dunia, dengan jumlah penonton online mencapai 1.092.949 orang. Sementara itu, rekor tertinggi sepanjang MPL ID Season 6 tercatat pada laga puncak Grand Final yang mempertemukan Team RRQ melawan Alter Ego. Laga yang berlangsung selama 5 game ini mencetak rekor ditonton oleh 2.849.970 viewers.

Ini jauh melampaui laga El Clasico antara RRQ Hoshi melawan Evos Legends pada akhir Regular Season MPL ID Season 6 (Minggu, 4/10), dengan jumlah viewers mencapai 1.749.629 orang. Peraihan ini membuktikan solidnya fans Team RRQ, yaitu RRQ Kingdom, yang konsisten meramaikan setiap pertandingan Team RRQ.

Tim RRQ HoshiData penonton pertandingan (Esports Charts)

Di posisi ketiga, ada laga antara RRQ Hoshi dan Onic Esports di babak playoffs Day 1 pada 16 Oktober 2020 dengan 1.701.847 viewers. Sementara itu, posisi keempat diisi oleh laga Onic Esports melawan Evos Legends dengan 1.382.975 viewers. Di laga ini, Onic Esports sekaligus menggusur pulang Evos Legends dari babak playoffs.

Posisi kelima kembali ditempati oleh Team RRQ, kali ini ketika melawan Bigetron Alpha di babak playoffs Day 2 pada 17 Oktober 2020 dengan 1.367.858 viewers. Perlu diketahui, Team RRQ juga menjadi tim esports terpopuler ketiga di Asia Tenggara berdasarkan jumlah followers di media sosial.

Dari tiga media sosial yang dimiliki, yaitu Instagram, YouTube, dan Facebook, Team RRQ telah mendulang lebih dari 4,1 juta followers. Karena itu, tak heran jika setiap pertandingan Team RRQ selalu diramaikan oleh jutaan penggemar yang mendukung mereka.

Popularitas esports memang meningkat karena pandemi yang menyebabkan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar handphone. Dengan banyaknya penonton sepanjang turnamen MPL ID Season 6, hal ini membuktikan bahwa esports juga mulai menunjukkan taring di Indonesia.

Artikel ini merupakan kerja sama antara detikINET dengan Team RRQ.



Simak Video "Belum Optimal, Bos RRQ Dorong Pemerintah Benahi Ekosistem eSports"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)