Perjalanan Industri Esports: dari Arcade Game sampai Mobile Gaming

Perjalanan Industri Esports: dari Arcade Game sampai Mobile Gaming

Irna Gayatri - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 17:13 WIB
Sejarah Esports: Ilustrasi Esports
Perjalanan Industri Esports (Foto: RRQ)
Jakarta -

Di tengah pandemi, banyak industri yang mulai goyah. Namun, tidak demikian dengan esports yang justru kian mantap menjajaki pertumbuhannya di tengah masyarakat yang serba digital. Meski begitu, perjalanan industri esports yang berfokus dalam kompetisi gaming cukup panjang.

Dimulai dari tahun 60-an ketika arcade game menjadi satu-satunya pilihan hiburan, masa depan industri esports sudah mulai dibangun. Dari awalnya hanya berupa arcade game 8 bit hingga kini merambah ke mobile gaming yang dikenal luas di kalangan masyarakat, kini esports telah berkembang selama lebih dari 7 dekade.

Turnamen Video Game Pertama

Meski kini esports lebih identik dengan PC game atau mobile game, turnamen esports yang pertama kali digelar adalah video game Spacewar!. Dilansir dari ISPO.com, Laboratory for Artificial Intelligence di Stanford University menyelenggarakan turnamen video game pertama di dunia, yaitu Intergalactic Spacewar Olympics pada 19 Oktober 1972.

Sebanyak 24 pemain berkompetisi dalam game Spacewar! dengan hadiah turnamen berupa langganan majalah Rolling Stones selama setahun. Saat itu, pesertanya masih dibatasi hanya di kalangan mahasiswa.

Spacewar! sendiri dikembangkan pada 1962 pada masa awal pengembangan video game oleh Steve Russell dan beberapa koleganya, antara lain Martin Graetz dan Wayne Wiitanen. Game ini merupakan space combat video game yang awalnya dirancang untuk komputer mini PDP-1 yang diciptakan di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Gameplay-nya pun masih sangat sederhana, menghadapkan dua pemain yang masing-masing memiliki satu pesawat luar angkasa untuk bertarung satu sama lain di tengah tarikan gaya gravitasi bintang. Ditambah lagi, setiap pesawat luar angkasa juga hanya memiliki persediaan bahan bakar dan amunisi yang terbatas sehingga video game ini jadi cukup kompetitif.

Sejarah Esports: Space Wars!Sejarah Esports: Space Wars! Foto: (Greelane)

Selanjutnya: Popularitas dan tim Esports pertama...



Simak Video "Belum Optimal, Bos RRQ Dorong Pemerintah Benahi Ekosistem eSports"
[Gambas:Video 20detik]