Suka Gacha di Genshin Impact? Persentase Suksesnya Ternyata...

Suka Gacha di Genshin Impact? Persentase Suksesnya Ternyata...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 21 Okt 2020 22:10 WIB
Genshin Impact
Foto: Google Play Store
Jakarta -

Tak sampai dua minggu setelah dirilis, Genshin Impact sudah balik modal dengan pemasukan mencapai Rp 1,4 triliun. Rahasianya tentulah sistem gacha Genshin Impact untuk mendapat karakter dan senjata.

Sistem gacha ini adalah senjata utama game free to play alias gratis untuk mendapat pemasukan. Pemain diajak untuk mengeluarkan uang agar bisa mendapat karakter dan senjata yang lebih bagus ketimbang yang bisa didapat secara gratis.

Untuk yang belum tahu, gacha berasal dari kata Gashapon, mesin penjual mainan otomatis di Jepang. Untuk konteks game, gacha adalah kegiatan menukar koin (biasanya dibeli dengan uang asli - in app purchase) untuk mendapat karakter, item, atau senjata secara acak.

Namun tentunya agar pemain mau mengeluarkan uang, persentase kemungkinan mendapat karakter dan senjata bagusnya dibuat sedemikian rupa sehingga tak terlalu mudah, kecuali memang Anda sangat beruntung.

Sebagai contoh, untuk mendapat karakter dengan rating bintang lima (tertinggi), persentasenya hanya 0,6%. Sementara untuk karakter bintang empat, persentasenya 5,1%.

Alhasil, dengan persentase sekecil itu, pemain -- lazimnya -- akan lebih sering mendapat senjata dan karakter dengan rating kecil, yaitu bintang tiga, demikian dikutip detikINET dari Siliconera, Rabu (21/10/2020).

miHoYo, pengembang Genshin Impact, memang menerapkan sistem 'pity' gachanya. Yaitu setiap 10 kali penarikan dijamin akan mendapat minimal satu karakter atau senjata bintang empat.

Lalu, setelah 90 kali penarikan, pemain dijamin akan mendapat satu karakter atau senjata bintang lima. Itu pun belum tentu karakter bintang lima yang dibutuhkan, karena ada beberapa karakter yang punya rating bintang lima.

Atau malah bisa juga bukannya mendapat karakter, malah mendapat senjata bintang lima, dan yang lebih apes lagi, mendapat karakter yang sebelumnya sudah pernah didapat.

Dibandingkan dengan game lain yang juga menggunakan sistem gacha, Genshin Impact punya persentase yang sangatlah kecil. Misalnya, Final Fantasy: Brave Exvius, yang kemungkinan untuk mendapat barang bintang limanya adalah 8,75%.

Lalu game seperti Azur Lane,Fire Emblem Heroes, Tales of Crestoria, dan Dragalia Lost, persentase untuk mendapat barang/karakter terbaik dari gacha berkisar dari 4% sampai 7%.

Jadi bagaimana detikers? Sudah habis habis berapa rupiah untuk Genshin Impact, dan apa karakter yang diinginkan sudah didapat?



Simak Video "HP Gaming Rp 10 Juta Lancar Genshin Impact"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)