Rahasia di Balik Meroketnya Popularitas Game Among Us

Rahasia di Balik Meroketnya Popularitas Game Among Us

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 19 Okt 2020 20:30 WIB
Among Us
Game Among Us. Foto: Istimewa
Jakarta -

Among Us mendadak viral dan jadi game yang amat populer walau sederhana. Padahal sebenarnya game ini sudah dirilis Juni 2018, tapi baru menemukan ketenaran pada tahun 2020 ini. Apa rahasianya?

Dikembangkan oleh studio kecil bernama InnerSloth yang berbasis di Redmond, Washington, Among Us yang dapat dimainkan di PC dan ponsel ini telah didownload 42 juta kali di Steam pada paruh pertama September. Menurut SensorTower, sebanyak 84 juta download lagi terjadi di iOS dan Android pada bulan itu.

Dikutip detikINET dari CNBC, Among Us menjadi viral setelah dimainkan dalam platform game Twitch. Di masa pandemi Corona dan banyak orang diam di rumah, game ini menjadi hiburan yang menarik dan bikin kecanduan.

"Game ini mudah dimainkan, menyenangkan, dan tidak mahal, dan telah muncul sebagai salah satu pengisi waktu luang terbaik untuk bersosialisasi secara virtual selama pandemi," tulis CNBC.

Pada mulanya, hanya sedikit yang memainkan Among Us, namun InnerSloth konsisten memperbaiki dan memberikan fitur baru. Beberapa bulan setelah pandemi Corona memaksa banyak orang berada di rumah, Among Us mendadak jadi pusat perhatian para streamer game di Twitch.

Bulan Juli, streamer di Twitch mulai memainkannya dengan para rekan, menyiarkannya dan memperkenalkan Among Us pada para follower.

"Game ini menciptakan follower kecil tapi loyal selama lebih dari dua tahun sebelum menjadi pusat perhatian berkat streamer Twitch. Kesuksesannya lahir dari platform itu, bahkan lebih dari media sosial yang biasanya jadi pusat viral aplikasi," cetus Randy Nelson, Head of Mobile Insight di SensorTower.

Tema permainannya sederhana, gamer akan mencari siapa yang menyamar di antara mereka dan punya maksud jahat. Gamernya terus meningkat karena gameplay yang sederhana tapi menarik dan dapat dimainkan oleh siapa. Kini tugas selanjutnya adalah mempertahankan ketenaran Among Us agar tak lenyap dalam waktu cepat.



Simak Video "Sekuel Game Populer 'Among Us' Dibatalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)