Grafis PS5 dan Xbox Series X Memang Hebat, Tapi...

Grafis PS5 dan Xbox Series X Memang Hebat, Tapi...

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 13 Okt 2020 11:37 WIB
Xbox Series X vs PS5
Xbox Series X dan PS5. Foto: Tom's Guide
Jakarta -

Sebagai konsol game generasi baru, PlayStation 5 atau PS5 dan Xbox Series X, dipastikan membawa pembaharuan, jeroan lebih powerful, grafisnya pun dahsyat. Itu sudah dibuktikan oleh beberapa gamer dan media yang telah mencobanya. Namun tetap ada tapinya.

Baik PS5 maupun Xbox Series X mendukung game resolusi 4K dengan refresh rate tinggi, 120 hertz. Artinya, grafis di kedua konsol akan sangat tajam dan gerakan di adegan game pun halus. Tak salah jika nantinya game di PS5 dan Series X lebih mengagumkan jadinya.

Namun demikian, ada halangan bagi banyak gamer untuk benar-benar menikmati visual PS5 atau Xbox Series X secara maksimal. Itu karena televisi yang mendukung grafis sebaik itu masih langka dan relatif mahal.


Selain dapat memproduksi resolusi visual 4K dalam 120 Hz, televisi yang mendukung penuh konsol generasi baru juga memerlukan tipe baru port HDMI untuk menangani semua data, yaitu HDMI 2.1.

"Untuk menampilkan game resolusi 4K dengan frame rate setinggi itu, televisinya harus mendukung speknya dan mayoritas besar tidak. Itu karena televisi yang mendukungnya masihlah sesuatu yang baru dan kebanyakan juga masih mahal," tulis Business Insider yang dikutip detikINET, Selasa (13/10/2020).

Versi HDMI itu hanya tersedia dalam televisi modern terbaru. Pendek kata, untuk menikmati grafis hebat PS5 dan Xbox Series X, gamer wajib membeli televisi baru dengan spek yang mendukungnya. Jika tidak begitu kebelet, ya cukup memainkannya di televisi yang sudah ada.

"Jika Anda ingin memperoleh seluruh keunggulan dari PS5 dan Xbox Series X, Anda hampir pasti memerlukan televisi anyar," tulis Business Insider.

Berbagai pujian soal grafis, khususnya di PS5, memang sudah diumbar sebagian pihak. Pendiri developer game Gearbox, Randy Pitchford, menilai lompatan kemampuan grafis yang terjadi dari PS4 ke PS5 dan dari Xbox One ke Series X adalah yang paling besar dalam sejarah konsol game.

"Saya pikir konsumen akan menyadari bagaimana besarnya perbedaan kapabilitas yang dibawa oleh platform baru tersebut," kata dia mengenai kebolehan PS5 dan Xbox Series X.



Simak Video "Game Indonesia 'Tirta' Bakal Tersedia di PS5"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)