Genshin Impact Raup Rp 1,4 Triliun dalam 2 Minggu, Balik Modal

Genshin Impact Raup Rp 1,4 Triliun dalam 2 Minggu, Balik Modal

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 12 Okt 2020 18:42 WIB
Genshin Impact
Genshin Impact Raup Rp 1,4 Triliun dalam 2 Minggu (Foto: Google Play Store)
Jakarta -

Game Genshin Impact yang baru dirilis tidak butuh waktu lama untuk mencapai popularitas. Dalam dua minggu ia sudah meraup Rp 1,4 triliun dan balik modal.

Game besutan MiHoYo dari China ini laku banget di negeri asalnya. Game ini pun laris manis di Korea dan Jepang. Genshin Impact juga meraih penggemar di Amerika dan Eropa. Tidak heran game ini pun menjadi begitu cepat menjadi pusat perhatian.

PC Gamer, Senin (12/10/2020) memberitakan dalam 12 hari, game ini sudah meraup penghasilan USD 100 juta (sekitar Rp 1,48 triliun). Ongkos yang dikeluarkan MiHoYo juga dilaporkan sekitar segitu. Sehingga, bisa dibilang MiHoYo sudah balik modal dari semua biaya produksi yang mereka keluarkan.

Genshin Impact yang meluncur pada 28 September 2020 memang punya modal awal untuk menarik minat para gamer, yaitu game RPG, gratis dan open world. Sudah terbayang, dalam 1 bulan game ini akan lebih cuan lagi.

"Tidak ragu lagi, ini adalah peluncuran game paling sukses dari developer game China," kata pengamat industri game dari perusahaan analis Niko Partners, Daniel Ahmad.

Dari mana pundi-pundi uang ini berasal? Meskipun gratis, gameplay Genshin Impact menawarkan konsep 'Gacha System' yaitu monetisasi di dalam game dengan uang-uangan yang dibeli dengan uang sungguhan.

Lalu, pemain ditawarkan untuk membeli item-item menarik yang ditawarkan dengan konsep undian. Tentu kalau tergiur dengan rare item yang diundi, pemain bisa menghabiskan banyak uang.

Namun monetisasi baru akan sukses jika didukung dengan gameplay, karakter dan plot cerita yang menarik. Genshin Impact nampaknya berhasil mengawinkan keduanya.



Simak Video "HP Gaming Rp 10 Juta Lancar Genshin Impact"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)