Microsoft Akan Hadirkan xCloud ke iPhone dan iPad

Microsoft Akan Hadirkan xCloud ke iPhone dan iPad

Josina - detikInet
Minggu, 11 Okt 2020 11:00 WIB
Microsoft xCloud
Foto: Dok. Microsoft
Jakarta -

Microsoft berencana untuk memberikan versi web layanan streaming game xCloud ke perangkat iOS dan iPad pada tahun 2021 dengan menggunakan Safari dan browser lain yang sesuai dengan pedoman dari App Store Apple.

Mengutip Business Insider, Microsoft Gaming Chief Phil Spencer, dilaporkan telah memberitahukan kepada karyawannya bahwa perusahaan memiliki 'direct browser-based solution" dalam pengerjaan untuk platform seluler Apple.

"Kami benar-benar akan hadir di iOS,kita akan ada di iPhone dan iPad dengan Game Pass," kata Spence kepada karyawannya dalam laporan tersebut.

Pada bulan lalu, Microsoft meluncurkan fitur baru untuk layanan streaming langganan Game Pass yang memungkinkan pengguna dapat memainkan judul game di perangkat seluler.

Saat ini dukungan tersebut terbatas pada perangat dan tablet berbasis Android karena Apple telah melarang aplikasi game untuk melakukan konten streaming berbasis cloud.

Pembatasan Apple kemudian mulai dilonggarkan di mana menurut pedoman App Store, layanan cloud gaming seperti xCloud, Google Stadia dan Amazon Luna dapat membuat aplikasi katalog selama setiap game yang terdaftar menyertakan tautan ke halaman App Store individual.

Apple mengatakan cara keduanya adalah dengan browser web untuk menjangkau semua pengguna di luar App Store. Amazon dengan Luna-nya mengambil langkah kedua yang berbasis browser dengan mengandalkan aplikasi web untuk mendistribusikan konten game ke iPhone, iPad, dan Mac.

Keengganan Apple untuk mengizinkan layanan streaming game di App Store telah membuat geram dunia industri game dan konsumen.

Panduan App Store yang membatasi akses ke layanan tersebut adalah target gugatan class action, sementara mantan kepala App Store Phil Shoemaker dalam kesaksian kongres mengatakan raksasa teknologi itu melarang produk seperti xCloud dari pasar online sebagian karena bersaing dengan Apple Arcade.

Apple mengatakan larangan layanan cloud gaming adalah tentang keamanan pelanggan dan pengalaman pengguna. "App Store dibuat untuk menjadi tempat yang aman dan terpercaya bagi pelanggan untuk menemukan dan mengunduh aplikasi, dan peluang bisnis yang besar bagi semua pengembang," kata seorang juru bicara pada Agustus yang dilansir detikINET dari Apple Insider.

"Sebelum masuk ke toko kami, semua aplikasi ditinjau berdasarkan pedoman yang sama yang dimaksudkan untuk melindungi pelanggan dan memberikan arena yang adil dan setara bagi pengembang," tutupnya.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)
Debat Capres AS