Bill Gates Lepas Jabatannya di Microsoft

Bill Gates Lepas Jabatannya di Microsoft

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 14 Mar 2020 08:01 WIB
Bill Gates masuk terkaya dunia
Foto: Reuters
Jakarta -

Bill Gates memutuskan untuk meninggalkan jabatannya di Dewan Komisaris Microsoft. Ia melakukannya agar dapat semakin fokus dalam urusan filantrofi. Selain itu, ia juga mundur dari Dewan Komisaris Berkshire Hathaway.

"Saya ambil keputusan meninggalkannya, untuk mendedikasikan lebih banyak waktu di prioritas filantrofi termasuk kesehatan global, pendidikan dan keterlibatan saya yang makin meningkat dalam menangkal perubahan iklim," cetus sang pendiri Microsoft.

Meski tak lagi punya jabatan di Microsoft, bukan berarti Gates benar-benar pergi. Ia masih akan meluangkan waktu untuk membantu CEO Satya Nadella dalam mengembangkan raksasa software tersebut.

"Microsoft akan selalu jadi bagian penting pekerjaan saya dan saya akan terus terlibat dengan Satya untuk membantu membentuk visi masa depan dan mencapai tujuan ambisius perusahaan," jelasnya, dikutip detikINET dari CNBC.

Gates mendirikan Microsoft di tahun 1975 bersama sahabatnya, Paul Allen, yang telah berpulang tahun 2018. Ia menjadi CEO Microsoft sampai tahun 2000, kemudian lebih fokus di yayasan amalnya bersama sang istri, Melinda.

Gates sejauh ini masih termasuk salah satu pemegang saham terbesar Microsoft dengan persentase 1,36%. Dengan kapitalisasi pasar lebih dari USD 1,2 triliun, Microsoft merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia.

"Merupakan kehormatan dan privilese luar biasa bekerja dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun. Saya bersyukur atas pertemanan ini dan menatap ke depan untuk terus bekerja bersamanya," sebut Satya Nadella.



Simak Video "Setelah Pandemi, Bill Gates Ramal Bencana di Masa Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)