Kesan Pertama PS5: Besar, Senyap, dan Menjanjikan

Kesan Pertama PS5: Besar, Senyap, dan Menjanjikan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 05 Okt 2020 19:55 WIB
YouTuber gaming yang memamerkan wujud asli PS5.
Perbandingan ukuran PS5 dan tubuh gamer. Foto: Screenshoot
Jakarta -

Sejumlah wartawan dan YouTuber asal Jepang mendapat kesempatan untuk menjajal PS5. Berikut ini adalah impresi awal dari konsol baru Sony tersebut.

Dalam kesempatan itu, mereka bisa menjajal sejumlah keunggulan utama dari konsol tersebut, seperti SSD super kencang, DualSense baru, dan lain sebagainya. Mereka pun akhirnya bisa melihat langsung betapa besarnya ukuran PS5.

Bisa dibilang ini adalah pertama kalinya Sony memberi kesempatan media untuk melihat PS5 secara langsung, selain dari video promosi mereka. Sementara game yang bisa dijajal adalah sejumlah titel eksklusif seperti Godfall dan Astro's Play Room.

Dalam berbagai ulasan yang sudah muncul, terungkap kalau PS5 punya dimensi 390mm x 104mm x 260mm, dengan bobot mencapai 4,5 kg. Namun saat dilihat langsung di sebelah TV, barulah terlihat kalau konsol tersebut ternyata sangatlah besar.



Selain besar, para media itu juga memuji kalau PS5 sangatlah senyap, alias suara kipas pendinginnya nyaris tak terdengar. Berbeda dengan PS4 yang suara kipasnya tergolong berisik saat dipakai bermain game.

Alur sistem pendinginnya adalah PS5 menarik udara dingin dari bagian depan lalu dibuang ke belakang. Desain pun tak lepas dari komentar para media itu, yang menyebut lengkungan bodi PS5 membuat ukurannya terlihat lebih ramping ketimbang aslinya.

Soal performa, PS5 pun mendapat pujian meskipun media yang sudah menjajalnya belum bisa melihat tampilan antarmuka dan juga dashboardnya, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Senin (5/10/2020).

Loading time untuk masuk ke dalam game disebut sangat kencang, memperlihatkan performa storage PS5 yang memang sangat kencang.

"Bisa dibilang kebosanan menunggu loading sudah tak ada lagi. Sangat mengagumkan bagaimana data ini bisa dibaca dan dunia yang berbeda muncul di monitor dalam waktu kedipan mata," tulis Famitsu.



Lalu kontroler DualSense pun mendapat pujian. Utamanya bagaimana haptic feedback yang sangat nyata serta kualitas audio built in-nya yang bisa menggambarkan suasana dalam game dengan baik.



"Saat Anda berjalan di logam, ada getaran kecil yang sangat terbilang kuat dengan suara metalik yang unik. Anda juga bisa mendengar suara layaknya berjalan di atas kaca yang sangat licin," tambahnya.

Selain itu, kontroler DualSense bawaan PS5 ini juga bisa menampilkan cahaya dengan warna yang berbeda-beda.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)